RELIGIUSITAS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI PADA UPTD PELAYANAN DAN REHABILITAS SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS DINAS SOSIAL PROVINSI LAMPUNG)

SHINTA, SITI AISYAH (2022) RELIGIUSITAS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI PADA UPTD PELAYANAN DAN REHABILITAS SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS DINAS SOSIAL PROVINSI LAMPUNG). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SHINTA SITI AISYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Religiusitas adalah keseluruhan dari fungsi jiwa individu mencangkup keyakinan, perasaan, dan perilaku yang diarahkan secara sadar dan sungguh-sungguh pada ajaran agamanya dengan mengerjakan lima dimensi keagamaan yang di dalamnya mencangkup tata cara ibadah wajib maupun sunat serta pengalaman dan pengetahuan agama dalam diri individu. Anak berkebutuhan khusus anak yang memerlukan penanganan khusus karena adanya gangguan perkembangan dan kelainan yang dialami anak. Penelitian ini mengkaji tentang religiusitas anak berkebutuhan khusus Di UPTD PRSPD Dinas Sosial Provinsi Lampung. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Religiusitas Anak Berkebutuhan Khusus Di UPTD PRSPD Dinas Sosial Provinsi Lampung dan Apa Saja Faktor Pendukung Dan Penghambat Bagi Anak Tunanetra. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui religiusitas anak berkebutuhan khusus Di UPTD PRSPD Dinas Sosial Provinsi Lampung. serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat bagi anak tunanetra. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif jenis penelitian lapangan feald resehrch dinamakan studi lapangan karena tempat penelitiam ini di lapangan atau pada responden. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Desain penelitian ini menggunakan desain studi kasus dengan mencari sebuah kejadian atau aktivitas dengan berbagai prosedur pengumpilan data. Hasil penelitian ini menunjukan tingkatan pemahaman anak tunanetra melalui 4 dimensi religiusitas yaitu dimensi keyakinan, dimensi praktik, dimensi ihsan atau penghayatan, dimensi pengetahuan agama. Anak berkebutuhan khusus menggunakan metode-metode dalam pembelajaran keagamaan yaitu metode ceramah, metode diskusi atau tanya jawab, metode drill atau latihan Faktor pendukung dalam membntuk religiusitas anak berkebutuhan khusus berasal dari guru dan lingkungan sekitar. Sedangkan faktor penghambat dari diri sendiri dan kurangnya sarana dan prasarana. Kata kunci : Religiusitas, Anak Berkebutuhan Khusus

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:19
Last Modified: 22 Dec 2022 06:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22293

Actions (login required)

View Item View Item