UPAYA BADAN PERTANAHAN NASIONAL DALAM MEMBERANTAS MAFIA TANAH MENURUT FIQH SIYASAH (Studi pada Badan Pertanahan Nasional Bandar Lampung)

MARSULI, MIFTAH (2022) UPAYA BADAN PERTANAHAN NASIONAL DALAM MEMBERANTAS MAFIA TANAH MENURUT FIQH SIYASAH (Studi pada Badan Pertanahan Nasional Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL (BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tanah merupakan aspek penting dalam kehidupan, penipuan yang dilakukan oleh Mafia tanah masih menajadi mata pencarian yang menjanjikan dikarenakan keuntungannya yang besar dengan menipu masyarakat berdasarkan sertifikat tanah palsu. Masyarakat yang masih polos diiming-imingi harga tanah yang murah menjadi sasaran para pelaku. Prilaku dari mafia tanah yang menggandakan surat tanah dan tanah palsu tersebut mengakibatkan sengketa tanah di kemudian hari. Setelah tanah tersebut terjual secara pasti mereka akan lepas tangan dankabur membawa uang hasil menipu tersebut. Disinilah Badan Pertanahan Nasional harus mengantisipasi kasus tersebut, sehingga tidak terus terjadi. Permasalahan dalam skripsi ini yaitu: Bagaimana upaya Badan Pertanahan Nasional dalam memberantas mafia tanah di Bandar Lampung serta Bagaimana Pandangan fiqh siyasah terhadap Badan Pertanahan Nasional dalam memberantas mafia tanah di Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mengenai upaya Badan Pertanahan Nasional dalam memberantas mafia tanah yang kemudian ditinjau dari perspekif hukum Islam. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normative-empiris dengan menggunakan pendekatan terhadap perundang-undangan yang ada kemudian langkah selanjutnya memperoleh keterangan secara langsung pada objek penelitian. Dalam hal ini dengan mencari tau mengenai upaya Badan Pertanahan Nasional dalam memberantas mafia tanah di kota Bandar Lampung, serta analisis hukum Islam terhadap mafia tanah tersebut tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Menggunakan metode deskriftif kualitatif untuk memperoleh data penulis menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai upaya Badan Pertanahan Nasional dalam memberantas mafia tanah Sedangkan data sekunder berupa teori-teori dan norma hukum serta penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan, dan dokumentasi. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya yang dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional dalam memberantas mafia tanah di Kota Bandar Lampung. iii Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui upaya yang dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional dalam memberantas mafia tanah sudah baik, Badan Pertanahan Nasional selalu melakukan pencegahan untuk meminimalisir adanya mafia tanah yaitu sesuai dengan Petunjuk Teknis Nomor 01/JUKNIS/D.VII/2018 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Mafia Tanah. Sementara itu, analisis Hukum Islam terhadap mafia tanah yaitu menggunakan fiqh siyasah yang di dalamnya berada siyasah tanfidziyah yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah yang berimbas ke dalam kemaslahatan, melakukan perlindungan kepada masyarakat sesuai yang telah diamanatkan kepada pemerintah merupakan kewajiban Badan Pertanahan Nasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:44
Last Modified: 22 Dec 2022 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22284

Actions (login required)

View Item View Item