IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI DI MAN 1 OGAN KOMERING ULU TIMUR SUMATERA SELATAN

SITI, NURHASANAH (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI DI MAN 1 OGAN KOMERING ULU TIMUR SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL SITI NURHASANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi manajemen strategi dinilai tepat untuk mengatasi turunnya motivasi belajar siswa/i di MAN 1 OKU Timur Sumatera Selatan akibat masa pandemi covid-19 yang diharuskan untuk belajar secara daring/hybrid. Kepala Madrasah memegang penuh alur maju nya sebuah lembaga sekolah, dengan menggunakan teori manajemen (Planing, Organizing, Actuating, Dan Controlling) kepala madrasah diwajibkan untuk menguasai teori tersebut guna meningkatkan semangat dalam belajar di masa pandemi dan hal ini perlu untuk di implementasikan sebaik mungkin. Melalui koordinasi kepala madrasah, dewan guru, dan di realisasikan kepada peserta didik diharapkan mampu menjadi solusi dari masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data di peroleh dari data primer dan sekunder. Data primer berupa wawancara secara langsung kepada kepala madrasah, waka kesiswaan, dewan guru dan peserta didik, sedangkan data sekunder diperoleh dari media seperti buku album madrasah, jurmal, artikel maupun penelitian terdahulu sebagai acuan penelitian ini. Teknik pengumpulan data di dapat dari wawancara tidak terstruktur, observasi dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Teknik analisis data menggunaka reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa implementasi manajemen strategi kepala madrasah sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan fungsi�fungsi manajemen menurut teori George R. Terri berupa (planing, actuating, organizing dan controlling). Kata Kunci : Manajemen Strategi, Pandemi, Motivasi Belajar Siswa iii ABSTRACT The implementation of strategic management is considered appropriate to overcome the decline in student learning motivation at MAN 1 OKU Timur, South Sumatra due to the covid-19 pandemic which is required to study online/hybrid. Madrasah principals fully control the progress of a school institution, using management theory (Planing, Organizing, Actuating, and Controlling) madrasah principals are required to master this theory in order to increase enthusiasm for learning during a pandemic and this needs to be implemented as well as possible. Through the coordination of the head of the madrasa, the teacher council, and realized to students, it is hoped that it will be a solution to this problem. This study uses qualitative methods with data sources obtained from primary and secondary data. Primary data were in the form of direct interviews with the head of the madrasa, waka for students, the teacher council and students, while secondary data was obtained from media such as madrasa album books, journals, articles and previous research as a reference for this research. Data collection techniques can be obtained from unstructured interviews, observation and documentation as a supporting method. Data analysis techniques use data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study in the form of strategic management of the head of the madrasa has been carried out properly in accordance with the management functions in the form of (Planing, Actuating, Organizing and Controlling). Keyword : Strategic Management, Pandemic, Student Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:45
Last Modified: 22 Dec 2022 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22283

Actions (login required)

View Item View Item