PENGARUH STRATEGI CRITICAL INCIDENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF REGULATION PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X

MELISA, RAHMAWATI (2022) PENGARUH STRATEGI CRITICAL INCIDENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF REGULATION PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARIF SETIAWAN 1721020143.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik perlu ditingkatkan, yaitu dengan menerapkan strategi critical incident berbasis pendekatan saintifik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi critical incident terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari self regulation peserta didik. Metode penelitian eksperimen semu dengan factorial design. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas X MIA. Teknik sampling menggunakan teknik acak kelas, X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berbentuk esai kemampuan pemecahan masalah dan angket self regulation. Analisis data menggunakan anava dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian yaitu: 1) terdapat pengaruh strategi critical incident terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik; 2) terdapat pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah antara peserta didik dengan self regulation tinggi, sedang dan rendah; 3) tidak terdapat interaksi antara strategi critical incident dengan self regulation terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Strategi critical incident dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kata Kunci: Critical Incident, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan Saintifik, Self-Regulatio iv ABSTRACT The low problem-solving ability of students needs to be improved, namely by implementing a critical incident strategy based on a scientific approach. The research aims to determine the effect of critical incident strategy on problem-solving abilities in terms of students' self-regulation. Quasi-experimental research method with factorial design. The research population is class X MIA students. The sampling technique used a class random technique, X MIA 1 as the experimental class and X MIA 2 as the control class. The research instruments are in the form of problem-solving ability essays and self�regulation questionnaires. Data analysis using ANOVA two different cell paths. The results of the study are: 1) there is an influence of the critical incident strategy on students' problem-solving abilities; 2) there is an influence on problem-solving abilities among students with high, medium and low self-regulation; 3) there is no interaction between critical incident strategies and self-regulation on students' problem-solving abilities. Critical incident strategies can be used to improve students' problem solving abilities. Keywords: Critical Incident, Problem Solving Ability, Scientific Approach, Self-Regulation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:40
Last Modified: 22 Dec 2022 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22282

Actions (login required)

View Item View Item