PENYELESAIAN SENGKETA TANAH HIBAH KEPADA ANAK ADOPSI DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (Studi di Desa Bangunan Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan)

TITIS, MUBAROKH (2022) PENYELESAIAN SENGKETA TANAH HIBAH KEPADA ANAK ADOPSI DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (Studi di Desa Bangunan Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Titis Mubarokh.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Praktik pemberian hibah yang terjadi di Desa Bangunan Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan ini awalnya adalah milik Bapak Solikin selaku orang tua angkat dari Rafi yaitu penerima hibah dan selaku anak adopsi dari Bapak Solikin. Sengketa ini terjadi antara Rafi selaku penerima hibah dengan Julian sebagai keponakan dari Bapak Solikin yang merasa memiliki ha katas tanah yang dihibahkan kepada Rafi, maka terjadilah sengketa yang disebabkan penghibahan tanah kepada Rafi sebagai anak adopsi Bapak Solikin. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penyelesaian sengketa tanah hibah kepada anak adopsi dalam tinjauan hukum Islam di Desa Bangunan Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan? dan bagaimana penyelesaian sengketa tanah hibah kepada anak adopsi dalam tinjauan hukum positif di Desa Bangunan Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyelesaian sengketa tanah hibah kepada anak adopsi dalam tinjauan hukum Islam dan hukum positif di Desa Bangunan Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan dan untuk mengetahui praktik pemberian tanah hibah kepada anak adopsi dalam tinjauan hukum Islam dan hukum positif di Desa Bangunan Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah metode field research dengan metode wawancara, dengan pihak-pihak yang terkait dengan tema penelitian yang terjadi di Desa Bangunan Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan sumber data yang didapat dari data primer yang merupakan hasil wawancara dan dokumentasi darn data sekunder didapat dari dokumen-dokumen profil Desa Bangunan Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan,buku�buku,jurnal penelitian dan skripsi terdahulu yang relevan dengan judul yang penulis teliti. Metode pengolahan data melakukan teknik editing dan organizing. Setelah data terkumpul maka data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan berpikir menggunakan metode induktif. Berdasarkan hasil penelitian Sengketa Tanah Hibah Kepada Anak Adopsi yang terjadi di Desa Bangunan Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan ini bahwa tanah seluas 1 Ha milik Bapak Solikin diberikan kepada Rafi sebagai anak angkatnya dengan cara hibah agar tidak terjadi masalah dilingkungan keluarga yang merasa lebih memilik hak daripada Rafi yang hanya anak adopsi. Proses penyelesaian sengketa antara Rafi dan Julian dilakukan dengan cara melakukan mediasi secara langsung agar tidak terjadi masalah yang lebih besar kedepannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2022 02:55
Last Modified: 22 Dec 2022 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22279

Actions (login required)

View Item View Item