STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 25 PESAWARAN

UMMI, KALSUM MATONDANG (2022) STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 25 PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Strategi Guru Pai Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 25 Pesawaran. Guru adalah salah satu komponen penting dalam pendidikan yang wajib bertanggung jawab atas terselenggaranya proses pembelajaran. Dengan peran dan tanggung jawab guru tersebut diharapkan tidak terjadi kesulitan dalam pembelajara. Namun bila terjadi kesulitan dalam pembelajaran diharapkan guru membuat strategi yang baik sehingga kesulitan belajar yang dialami siswa dapat diselesaikan dengan baik pula. Kenyataannyaberdasarkan hasil observasi penulis ditemukan strategi guru untuk mengatasi siswa yang kesulitan belajar belum maksimal. Masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar khususnya dalam hal membaca dan memahami al Qur‟an. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa di SMP Negeri 25 Pesawaran? apakah faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 25 Pesawaran? dan bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 25 Pesawaran? Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif. Metode deskriptif merupakan studi yang melukiskan, menggambarkan, ataupun mengungkapkan kondisi objek yang diteliti sesuai dengan suasana serta keadaan penelitian. Dalam hal ini yang menjadi sumber utamanya adalah mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi jurusan Pendidikan agama islam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan data. Peneliti hanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber dilakukan dengan membanding-bandungkan dan mengecek ulang informasi yang didapat melalui teknik yang berbeda dan juga sumber yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa di SMP Negeri 25 Pesawaran adalah dengan cara pendekatan secara pribadi dan Selanjutnya guru melakukan bimbingan melalui Bengkel Mengaji. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 25 Pesawaran ada dua yaitu faktor internal yang meliputi: kurangnya minat dan motivasi siswa untuk belajar. Dan faktor eksternal, meliputi: kurangnya bimbingan orang tua khususnya dalam hal membaca al-Quran, minimnya ekonomi keluarga, media massa yang semakin canggih, dan juga lingkungan masyarakat. Upaya guru dalam iii mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 25 Pesawaran yaitu melakukan pengamatan, pendekatan secara langsung dengan siswa, memberikan bimbingan melalui Bengkel Mengaji yang dilaksanakan tiga hari selama seminggu dan yang terakhir melaksanakan evaluasi. Kata Kunci: Strategi, Guru Pai, dan Kesulitan Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2022 08:16
Last Modified: 21 Dec 2022 08:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22278

Actions (login required)

View Item View Item