UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI TEKNIK MOZAIK ANAK USIA DINI TAMAN KANAK-KANAK HANDAYANI 4 TANJUNG BULAN KECAMATAN PULAU BERINGIN KABUPATEN OKU Selatan

Detaviani, Putri Wilan (2022) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI TEKNIK MOZAIK ANAK USIA DINI TAMAN KANAK-KANAK HANDAYANI 4 TANJUNG BULAN KECAMATAN PULAU BERINGIN KABUPATEN OKU Selatan. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DETA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan motorik merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan perkembangannya pada anak usia dini. Jika hal ini tidak diperhatikan dan tidak dikembangkan maka tentu saja anak-anak menjadi tidak mandiri dan menjadi kurang percaya diri dalam lingkungan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan motorik halus anak melalui kegiatan mozaik menempel biji-bijian kedalam suatu gambar yang sudah di siapkan pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Handayani Kecamatan Pulau Beringin Kabupaten Ogan Komuring Ulu Selatan. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah anak kelompok B taman kanak-kanak handayani 4 dengan jumlah 19 orang dengan objek mengembangkan motorik halus melalui teknik mozaik anak usia dini. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan uji keabsahan. Berdasarkan hasil analisis dan data yang telah di uraikan penulis menyimpulkan bahwa upaya guru mengembangan kemampuan motorik halus anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Handayani 4 Tanjung Bulan mengalami peningkatan dengan menggunakan teknik mozaik. Adapun teknik mozaik yang dilakukan adalah sebagai berikut: Guru memilih pola gambar untuk kegiatan mozaik sesuai dengan tema, Guru membuat rancangan alat dan bahan yang akan digunakan dalam kegiatan mozaik, Guru memberikan pengarahan dalam proses kegiatan mozaik kepada anak, Guru memberikan pengawasan dan pengamatan pada saat proses kegiatan mozaik, Guru memberikan penilaian hasil kegiatan mozaik. Setelah penelitian ini dilaksanakan peneliti merekomendasikan agar guru dapat memfasilitasi pengembangan motorik halus melalui Teknik mozaik dengan berbagai media agar lebih bervariatif diantaranya menggunakan biji- bijian dan dedaunan kering potongan kayu atau bahan alam lainnya. Kata kunci : motorik halus, teknik mozaik iv ABSTRACT Motoric development is one of the important aspects that must be considered for its development in early childhood. If this was not paid attention to and was not developed then of course children would not be independent and became less confident in their social environment. This study aimed to develop children's fine motor skills through mosaic activities of sticking grains into an image that has been prepared for children aged 5-6 years at Handayani Kindergarten, Kecamatan Pulau Beringin, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. The method in this research was qualitative research. The research subjects were group B children at Handayani 4 Kindergarten with a total of 19 students with fine develop fine motor skills through early childhood mosaic techniques. Data collection techniques used observation, interviews and documentation as well as data analysis techniques using data reduction, data presentation, drawing conclusions and validity testing. Based on the results of the analysis and data that have been described, the authors concluded that the efforts of teachers to develop fine motor skills of early childhood in Taman Kanak-Kanak Handayani 4 Tanjung Bulan. The mosaic technique that was carried out is as follows: The teacher chose a picture pattern for the mosaic activity according to the theme, The teacher made a design of tools and materials to be used in the mosaic activity, The teacher gave directions in the process of the mosaic activity to children, The teacher provided supervision and observation when process of the mosaic activity, the teacher gave an assessment of the results of the mosaic activity. After this research was carried out, the researchers recommended that teachers be able to facilitate fine motor development through mosaic techniques with various media so that they are more varied, including using seeds and dry leaves, pieces of wood or other natural materials. Keywords: Fine Motoric, Mosaic Techniques

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2022 08:03
Last Modified: 21 Dec 2022 08:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22277

Actions (login required)

View Item View Item