STRATEGI PEMASARAN PONDOK PESANTREN HUSNUL AMAL KOTABUMI LAMPUNG UTARA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SANTRI

SINTA, AFRIONA (2022) STRATEGI PEMASARAN PONDOK PESANTREN HUSNUL AMAL KOTABUMI LAMPUNG UTARA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SANTRI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SINTA AFRIONA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi suatu organisasi. Straregi merupakan upaya menentukan keputusan dan tindakan mengembangkan, mempertahankan, dan menetapkan cara sebagai proses untuk mencapai tujuan, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Pondok pesantren Husnul Amal sebagai suatu lembaga dakwah, sejauh ini dengan strategi pemasaran yang diterapkan dapat diasumsikan mampu meningkatkan jumlah santri, diindikasikan dengan jumlah santri yang semakin meningkat setiap tahunnya, hal ini menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi pemasaran yang diterapkan Pondok Pesantren Husnul Amal dalam meningkatkan jumlah santri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik metode wawancara (interview), metode pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Prosedur analisis data menggunakan tiga alur aktivitas yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Data primer diperoleh dari survei lapangan dan wawancara langsung. Data sekunder diperolah dari catatan internal organisasi, media cetak. dan elektronik. Menguji keabsahan data penelitian menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 3 strategi pemasaran yang diterapkan yaitu strategi pemasaran gerilya dilakukan dengan terjun langsung mengenalkan produk apa saja yang ada di pondok dan menunjukan apa saja keunggulan serta hasilnya yang dilakukan oleh alumni, santri, dan ustadz/ustadzah pondok. Stategi pemasaran tradisional menggunakan media visual berupa brosur dan kalender yang disebarkan melalui santri dan kegiatan penyuluhan ke sekolah-sekolah, serta pemasangan baliho pada tempat-tempat yang ramai dikunjungi orang seperti jalan menuju pusat kota, jalan raya, dan jalan utama desa. Strategi pemasaran digital yaitu dengan menggunakan media digital seperti facebook, instagram, tiktok, youtube dan juga website yang mudah di akses oleh masyarakat luas. Penggunaan 3 jenis strategi pemasaran ini sangat efektif dan signifikan dalam meningkatkan jumlah santri baru setiap tahunnya. Temuan lain yakni perlu adanya perbaikan dalam membuat gambaran tugas (job description) yang jelas dalam pelaksanaannya, dan sumber daya manusia (SDM) perlu lebih dikembangkan lagi. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Santri, Pondok Pesantren. iii ABSTRACT Marketing strategy is very important for an organization or institution as a means of determining direction and goals accompanied by efforts to determine decisions and actions to develop, maintain, and determine ways as a process to achieve goals, both for the short and long term. Husnul Amal Islamic Boarding School as an institution engaged in Islamic education, so far with the applied marketing strategy it can be assumed to be able to increase the number of students, indicated by the increasing number of students every year, this is what is interesting to study. Therefore, this study aims to reveal the marketing strategy applied by Husnul Amal Islamic Boarding School in increasing the number of students. This research is a qualitative research with the type of field research (field research) and the nature of descriptive research. The data were collected using interview, observation and documentation methods. The data analysis procedure uses three activity lines, namely data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. Testing the validity of research data using source triangulation techniques. The results of this study indicate that there are 3 marketing strategies applied, namely the guerrilla marketing strategy carried out by directly introducing any products that are in the cottage and showing what are the advantages and results carried out by alumni, students, and ustadz/ustadzah Pondok. Traditional marketing strategies use visual media in the form of brochures and calendars distributed through students and outreach activities to schools, as well as the installation of billboards in places that are crowded with people, such as roads leading to the city center, highways, and main village roads. The digital marketing strategy is to use digital media such as Facebook, Instagram, TikTok, YouTube and also websites that are easily accessed by the wider community. The use of these 3 types of marketing strategies is very effective and significant in increasing the number of new students every year. Another finding is that there is a need for improvement in creating a clear job description in its implementation, and human resources (HR) need to be further developed through existing products. Keywords: Marketing Strategy, Santri, Islamic Boarding School

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:46
Last Modified: 21 Dec 2022 07:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22275

Actions (login required)

View Item View Item