Yetti, Zumara (2022) UPAYA GURU DALAM MENGATASI TEMPER TANTRUM PADA ANAK USIA 2-5 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN (KB) KASIH IBU ULU DANAU KABUPATEN OKU SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Temper Tantrum merupakan gangguan emosi atau bentuk luapan emosi kemarahan pada anak yang meledak-ledak yang di sertai tangisan kencang yang berangsur lama, serangan agresif, menjerit-jerit, berteriak kencang, menghentakkan kaki, melempar barang, melukai orang lain seperti menggigit, memukul bahkan menyakiti dirinya sendiri. Temper Tantrum jika tidak segera di atasi maka akan mengakibatkan anak mengalami gangguan emosi, tidak mampu menghadapi lingkungan luar, sulit beradaptasi, tidak mampu menghadapi masalah, tidak mampu beradaptasi. Penelitian ini diadakan untuk mengetahui Upaya Guru Dalam Mengatasi Temper Tantrum Pada Anak Usia Dini Usia 2-5 Tahun Di Kelompok Bermain Kasih Ibu Ulu Danau Kecamatan Sindang Danau Kabupate Oku Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, objek dalam penelitian ini adalah 4 orang guru dan 2 orang anak yang terindikasi mengalami temper tantrum di kelompok bermain kasih ibu ulu danau. Tekhnik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang di hasilkan selanjudnya peneliti analisis menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan, untuk menguji keabsahan data maka peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dari hasil penelitian dan analisis yang peneliti lakukan dapat di ambil simpulan bahwa Upaya Guru Dalam Mengatasi Temper Tantrum Pada Anak Usia Dini Usia 2-5 Tahun Di Kelompok Bermain Kasih Ibu Ulu Danau dengan cara 1) Menghindari Penyebab Temper Tantrum 2) Memberi Kenyamanan 3) Mengalihkan Perhatian Anak 4) Tetap tenang menghadapi anak. Upaya yang guru lakukan bisa sedikit mengurangi durasi temper tantrum pada anak. Kata Kunci: Upaya Guru, Temper Tantrum, Anak Usia Dini iv ABSTARCT Temper tantrum is an emotional disorder or a form of outburst of anger in children which is accompanied by loud crying that gradually lasts a long time, aggressive attacks, screaming, shouting loudly, stomping feet, throwing things, injuring others such as biting, hitting and even hurting. himself. Temper tantrums if not addressed immediately will result in children experiencing emotional disturbances, unable to deal with the external environment, difficult to adapt, unable to deal with problems, unable to adapt. This study was conducted to determine the teacher's efforts in overcoming Temper Tantrums in Early Childhood Age 2-5 Years in the Ibu Ulu Danau Love Playgroup, Sindang Danau District, South Oku Regency. This research is a qualitative descriptive study, the objects in this study are 4 teachers and 2 children who are indicated to have temper tantrums in the Ibu Ulu Danau playgroup. Data collection techniques used in this study are interviews, observation, and documentation. The data produced is then analyzed using data reduction, data display and conclusion drawing, to test the validity of the data, the researcher uses source triangulation and method triangulation. From the results of the research and analysis that the researchers did, it can be concluded that the teacher's efforts in overcoming Temper Tantrums in Early Childhood Ages 2-5 Years in the Ibu Ulu Danau Playgroup by 1) Avoiding the Causes of Temper Tantrums 2) Providing Comfort 3) Diverting Children's Attention 4) Remain calm with children. The teacher's efforts can slightly reduce the duration of temper tantrums in children. Keywords: Teacher Effort, Temper Tantrum, Early Childhood
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 07:49 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 07:49 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22274 |
Actions (login required)
View Item |