STRATEGI PONDOK PESANTREN SHUFFAH HIZBULLAH MADRASAH AL-FATAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRI DI MUHAJIRUN NEGARA RATU NATAR LAMPUNG SELATAN.

MELA, MELIANA (2022) STRATEGI PONDOK PESANTREN SHUFFAH HIZBULLAH MADRASAH AL-FATAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRI DI MUHAJIRUN NEGARA RATU NATAR LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MELA MELIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi merupakan suatu hal yang penting di suatu organisasi maupun lembaga sebagai alat penentu arah dan tujuan disertai dengan upaya menentukan keputusan dan tindakan mengembangkan, mempertahankan, dan menetapkan cara sebagai proses untuk mencapai tujuan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Pondok Pesantren Al-Fatah merupakan lembaga dakwah yang berorientasi kepada pendidikan Al-Qur‟an dengan program pendidikan umum, diniyah serta tahfizh. Sejauh ini pondok pesantren Al-Fatah telah menerapkan berbagai macam strategi untuk menghasilkan hafalan santri yang berkualitas. Namun masih ada santri yang belum mencapai target hafalan yang telah ditentukan. karena itu, maka perlu dilakukan penelitian tentang strategi pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas hafalan santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (ifield research) dan sifat penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan dan mengumpulkan data dengan kata-kata yang bertujuan untuk memudahkan peneliti menggambarkan suatu keadaan yang dapat dijangkau oleh masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga strategi utama yang diterapkan yaitu persiapan menghafal Al-Qur‟an, proses menghafal Al-Qur‟an dan evaluasi menghafal Al-Qur‟an. Persiapan menghafal Al-Qur‟an meliputi penentuan target menghafal, tahsin Al�Qur‟an, penggunaan mushaf standar. Kemudian proses menghafal Al�Qur‟an meliputi formulasi tempat, halaqah tahfidz, penggunaan metode menghafal Al-Qur‟an, „iqab, Kemudian evaluasi menghafal Al-Qur‟an meliputi tasmi‟ hafalan, ikhtibar dan evaluasi hafalan serta ijazah dari guru. Penggunaan strategi ini sangat efektif dan signifikan dalam meningkatkan kualitas hafalan santri. Namun perlu adanya strategi yang efektif dalam perencanaan dan pelaksanaan di pondok pesantren al-fatah. Kata kunci: Strategi dan Menghafal Al-Qur‟an. iii ABSTRACT Strategy is an important thing in an organization or institution as a means of determining direction and goals accompanied by efforts to determine decisions and actions to develop, maintain, and determine ways as a process to achieve goals, both short term and long term. Al�Fatah Islamic Boarding School is a da'wah institution oriented to Al�Qur'an education with general education programs, diniyah and tahfizh. So far, the Al-Fatah Islamic Boarding School has implemented various strategies to produce quality student memorization. However, there are still students who have not reached the specified memorization target. Therefore, it is necessary to do research on the strategy of Islamic boarding schools in improving the quality of students' memorization. This study uses a qualitative approach with the type of field research (ifield research) and the nature of descriptive research. Data collection techniques using interviews, observation and documentation methods. By using qualitative descriptive analysis techniques, namely by describing and collecting data with words that aim to make it easier for researchers to describe a situation that can be reached by the community. The results of this study indicate that there are three main strategies applied, namely the preparation for memorizing the Qur'an, the process of memorizing the Qur'an and evaluation of memorizing the Qur'an. Preparation for memorizing the Qur'an includes determining the target for memorization, tahsin Al-Qur'an, using standard manuscripts. Then the process of memorizing the Qur'an includes the formulation of the place, halaqah tahfidz, the use of the method of memorizing the Qur'an, 'iqab, Then the evaluation of memorizing the Qur'an includes tasmi' memorization, ikhtibar and evaluation of memorization and sanad of memorizing the Qur'an 'an. The use of this strategy is very effective and significant in improving the quality of student memorization. However, there needs to be an effective strategy in planning and implementation at the al-fatah Islamic boarding school. Keywords: Strategy and Memorizing the Qur'an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:41
Last Modified: 21 Dec 2022 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22273

Actions (login required)

View Item View Item