ANALISIS KEMAMPUAN PEDAGOGIK PENDIDIK DI MI AL JAUHAROTUNNAQIYYAH ANTASARI BANDAR LAMPUNG

HAFSARI, INDAH PERTIWI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEDAGOGIK PENDIDIK DI MI AL JAUHAROTUNNAQIYYAH ANTASARI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI HAFSARI INDAH PRATIWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di lapangan terkait pemahaman kemampuan pedagogik yang dimiliki oleh pendidik belum sesuai diantaranya seperti pengembangan kurikulum yang digunakan seperti mampu menyusun silabus sesuai dengan kurikulum, mampu membuat rencana pembelajaran sesuai dengan silabus dan tujuan pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran belum menyusun secara sendiri, karena pendidik hanya melihat yang ada diinternet, pelaksanaan dan pengolahan kelas oleh pendidik belum memberikan feedback terhadap perkembangan kemampuan peserta didik dikarena variasi metode masih monoton dan terkesan pasif, pembinaan dan pelatihan yang dilakukan belum sepenuhnya mencerminkan kebutuhan dari pendidik, ketidak relevan pendidik dalam pengaplikasian ilmu pengetahuan yang dimiliki dengan yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pedagogik pendidik di MI AlJauharotun Naqiyyah. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al Jauharotun Naqiyyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang dijadikan informan penelitian adalah pendidik kelas IV, V, dan VI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Milles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan yakni reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji kredibilitas untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti yaitu kemampuan pedagogik dalam kategori cukup baik yakni kompetensi menguasai karakteristik peserta didik, sedangkan kemampuan pedagogik dalam kategori kurang baik yakni kemampuan menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Faktor yang mempengaruhi kemampuan pedagogik pendidik kelas IV, V, dan VI di MI Al Jauharotun Naqiyyah dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal pendidik. Faktor internal yang dapat mempengaruhi pengembangan kemampuan pedagogik pendidik meliputi: kesadaran, minat serta motivasi dari pendidik itu sendiri. Adapun faktor eksternal yang mempengaruhi bagi pengembangan kemampuan pedagogik pendidik mencakup: kualifikasi jenjang kependidikan, pengalaman, iii faktor sarana atau fasilitas, dan peran dan dukungan Kepala Sekolah/Madrasah. Kata Kunci : Kemampuan Pedagogik, Pendidik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:37
Last Modified: 21 Dec 2022 07:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22271

Actions (login required)

View Item View Item