PENGARUH TEKNIK ASSRTIVE TRAINING TERHADAP PELANGGARAN TATA TERTIB PESERTA DIDIK DI VIII A MTs MASYARIQUL ANWAR BANDAR LAMPUNG TAHUN 2021/2022

ALI, ROHMAN (2022) PENGARUH TEKNIK ASSRTIVE TRAINING TERHADAP PELANGGARAN TATA TERTIB PESERTA DIDIK DI VIII A MTs MASYARIQUL ANWAR BANDAR LAMPUNG TAHUN 2021/2022. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi ALI ROHMAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH TEKNIK ASSRTIVE TRAINING TERHADAP PELANGGARAN TATA TERTIB PESERTA DIDIK DI VIII A MTs MASYARIQUL ANWAR BANDAR LAMPUNG TAHUN 2021/2022 Oleh : Nam : ALI ROHMAN NPM : 1811080171 Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya peserta didik yang melakukan pelanggaran tata-tertib di sekolah. Sehingga masalah yang menarik untuk penulis jadikan sebagai judul penelitian karena hal ini berkaitan dengan kelancaran proses belajar mengajar dan keberhasilan belajar peserta didik. Oleh karena itu diperlukan bantuan khusus yaitu dengan teknik layanan konseling agar permasalahan peserta didik dapat teratasi. Salah satu teknik yang digunakan untuk mengubah perilaku peserta didik yang melakukan pelanggaran tata-tertib di sekolah adalah Teknik Assertive Training dengan harapan bisa mengubah perilaku yang tidak sesuai menjadi perilaku yang sesuai dengan peraturan tata-tertib di sekolah.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah layanan konseling dengan teknik Assertive Training berpengaruh mencegah pelanggaran tata-tertib pada peserta didik di kelas VIII A MTs Masyariqul Anwar Bandar Lampung 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pre-eksperimental designs serta penelitian one-group pre test-post test design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A MTs Masyariqul Anwar Bandar Lampung yang masuk dalam kriteria melakukan pelanggaran tata-tertib. Kemudian dari subyek penelitian didapatkan 22 populasi dengan sampel 7 peserta didik, yang terdiri dari 4 Siwa, dan 3 siswi. Dari hasil uji t-test menggunakan program JASP bahwa t adalah Pre-Tes 50.259 dan Post-Test 37.889, mean Pre-test 120.571 dan Pos-Test sebesar 97.429, 95% confidence interval of the difference, lower = 0.774 dan upper = 0.983, dengan t-tabel df = 6, taraf signifikan α= 0,05 dengan ketentuan thitung > ttabel . Kemudian t-hitung dibandingkan dengan ketentuan t-hitung Pre-Tes 50.259 > t-hitung Post-Test 37.889. setelah diketahui perbandingannya didapat penurunan perilaku pelanggaran tata-tertib setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan teknik assertive training. Dilihat dari menurunnya pelanggaran tata-tertip sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (Ho) di tolak dan hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi terdapat pengaruh teknik Assertive Training terhadap pelanggaran tata-tertib peserta didik kelas VIII A MTs Masyariqul Anwar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021 / 2022. Kata Kunci: Teknik Assertive Training dan Pelanggaran Tata-Tertib Sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:26
Last Modified: 21 Dec 2022 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22268

Actions (login required)

View Item View Item