PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA SATU SEMESTER DI KELAS V SD/MI

EVA, YUNITA (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA SATU SEMESTER DI KELAS V SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of Skripsi Eva Yunita.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah minimnya penggunaan bahan ajar pada proses pembelajaran, peserta didik kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran, kurang memanfaatkan teknologi digital. Untuk itu dibutuhkan pengembangakan bahan ajar e-modul berbasis problem based learning (PBL) pada satu semester di kelas V SD/MI. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) Menghasilkan bahan ajar berupa e-modul menggunakan model pembelajaran PBL mata pembelajaran tematik kelas V SD/MI, (2) Mengetahui kelayakan bahan ajar e-modul berbasis PBL, (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap kemenarikkan e-modul dalam pembelajaran. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan Research and Development (R&D) berdasarkan pada model ADDIE yang dimodifikasi dalam buku Sugiyono, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SDN 2 Bangunrejo dan SDN 4 Bangurejo. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa angket respon peserta didik dan angket respon pendidik serta angket untuk melihat kemenarikan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar e�modul berbasis pemecahan masalah atau problem based learning. Hasil validasi ahli materi memperoleh presentase rata-rata 94% dengan kriteria sangat layak, selanjutnya 2 ahli bahasa mendapat nilai rata-rata sebesar 91% dengan kriteria sangat layak, dan 2 ahli media mendapat nilai rata-rata sebasar 80% dengan kriteria layak. Pemberian angket respon pendidik mendapatkan skor 95% dengan kategori sangat menarik dan pemberian angket respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil mendapatkan skor sebesar 91% dengan kriteria sangat menarik, untuk uji coba skala besar mendapat skor sebesar 89%. Dengan kriteria sangat menarik. Kata Kunci : Pengembangan, Bahan Ajar, E-modul, Problem based learning (PBL)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2022 04:53
Last Modified: 21 Dec 2022 04:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22258

Actions (login required)

View Item View Item