IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 2 NATAR LAMPUNG SELATAN

WULAN, PUJIANA (2022) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 2 NATAR LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI WULAN PUJIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 2 NATAR LAMPUNG SELATAN Oleh Wulan Pujiana Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses Implementasi nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Natar Lampung Selatan, (2 )faktor pendukung dan penghambat implementasi Nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Natar. Penulisan ini merupakan penulisan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penulisan ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan triangulasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Hasil penulisan menunjukan bahwa Impelementasi nilai�nilai toleransi dalam Pembelajaran PAI di SMAN 2 Natar Lampung Selatan dilakukan dengan: 1) Memberi kesempatan kepada semua peserta didik untuk mengikuti pembelajaran agama sesuai pemahaman agamanya masing-masing. 2) Menciptakan iklim toleran pada saat pembelajaran (Belajar dalam perbedaan, membangun rasa saling percaya, memelihara sikap saling pengertian , menjujung tinggi sikap saling menghargai Faktor pendukung diantaranya: kebijakan pemerintah yang memberikan aturan tentang adanya penanaman nilai-nilai toleransi beragama, fasilitas yang memadai, terwujudnya kerjasama antar warga sekolah dalam kegiatan keagamaan. iii faktor penghambatnya antara lain: tingkat kemampuan, kematangan emosional siswa yang tidak sama, kurangnya fasilitas (Media pembelajaran), keterbatasan waktu dalam pembelajaran . Keberhasilan implementasi nilai-nilai toleransi pada pembelajaran PAI yaitu Semua siswa yang beragama Islam mampu bekerja sama tanpa membedakan agama, siswa memiliki keimanan (religious) yang tinggi, siswa dan guru mampu bertoleransi, siswa dan guru memiliki karakter demokrasi, terciptanya kerukunan dan solidaritas yang baik. Kata kunci: Toleransi, Nilai-nilai dan Pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2022 04:34
Last Modified: 21 Dec 2022 04:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22256

Actions (login required)

View Item View Item