TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI AIR KELAPA (Studi di Desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan)

ALVINA, APRILIANI (2022) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI AIR KELAPA (Studi di Desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2 , DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of ALVINA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli merupakan salah satu bentuk usaha yang dihalalkan oleh Allah Swt dan pelaksanaanya harus memenuhi aturan-aturan hukum yang nantinya akan berakibat sah atau tidaknya jual beli tersebut. Namun pada praktiknya masyarakat masih mendapatkan kendala untuk menentukan suatu hukum dalam kasus tertentu seperti dalam jual beli air kelapa di Desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli air kelapa di Desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan dan Bagaiman pandangan hukum ekonomi syari‟ah terhadap praktik jual beli air kelapa di Desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli air kelapa di Desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan dan untuk mengetahui bagaimana pandangan hukum ekonomi syari‟ah terhadap praktik jual beli air kelapa di Desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan informasi secara langsung melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah informasi terkumpul maka dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan berfikir menggunakan metode deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa praktik jual beli air kelapa yang terjadi di Desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan dalam prosesnya dilakukan dengan cara dikumpulkan tanpa penyaringan terlebih dahulu saat dimasukan ke dalam jerigen sehingga kotoran-kotoran ikut masuk ke dalam jerigen dan tidak menutup kemungkinan bahwa air kelapa tersebut terkena najis dan tidak bersih. Air kelapa yang dikumpulkan berasal dari beberapa kelapa-kelapa yang kualitasnya tidak baik bahkan sudah membusuk sehingga sudah menimbulkan aroma yang tidak sedap, rasanya yang sudah asam dan warnanya sudah tidak bening. Ditinjau dari prespektif hukum ekonomi syari‟ah praktik jual beli air kelapa di Desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan tidak diperbolehkan karena tidak terpenuhinya iv secara sempurna syarat jual beli dalam hal objek jual beli dan dalam Islam air kelapa tersebut termasuk jenis air mutagayar yaitu air mutlak yang sudah berubah salah satu dari bau, rasa, atau warnanya. Kata Kunci: Air Kelapa, Hukum Ekonomi Syari‟ah, Jual Beli

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2022 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22254

Actions (login required)

View Item View Item