PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MEREDUKSI PROKRASTINASI PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

MELISA, ELVINA (2022) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MEREDUKSI PROKRASTINASI PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MELISA ELVINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam mereduksi prokrastinasi pada peserta didik di SMK Negeri 1 Bandar Lampung ini dilatar belakangi oleh sering munculnya permasalahan prokrastinasi akademik pada peserta didik. Maka dari itu peneliti ingin meneliti bagaimana pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam mereduksi prokrastinasi pada peserta didik di smk negeri 1 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam mereduksi prokrastinasi pada peserta didik di SMK Negeri 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan observasi. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperiment design one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini berfokus pada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam mereduksi prokrastinasi pada peserta didik di SMK Negeri 1 Bandar Lampung yang berjumlah 8 peserta didik yang memiliki permasalahan prokrastinasi akademik. Berdasarkan hasil penelitian di SMK Negeri 1 Bandar Lampung dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok berpengaruh dalam mereduksi prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Bandar Lampung dan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik pada peserta didik. Hal ini telah dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan sebelum dan setelah pemberian layanan berdasarkan analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Dan hasil pretest menggunakan instrument berupa angket, peserta didik mendapatkan skor sebesar 966 dengan skor rata-rata sebesar 120,7 . Kemudian setelah mendapatkan layanan konseling kelompok menggunakan teknik self management, peserta didik diberikan posttest menggunakan insrument yang sama yaitu berupa angket dan mendapatkan skor sebesar 483 dengan skor rata-rata 60,3. Hasil uji menggunakan uji wilcoxon didapatkan Zhitung dari sampel yang diambil di kelas XI sebesar -2.524.Kemudian dilanjutkan dengan melakukan observasi untuk melihat kembali prokrastinasi akademik pada peserta didik tersebut saat di berikan tugas oleh guru mata pelajaran dan terlihat sudah menunjukkan perubahan positif sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok menggunakan teknik self managemnet dapat menurunkan prokrastinasi akademik pada peserta didik di SMK Negeri 1 Bandar Lampung. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Self Management, Prokrastinasi Akademik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2022 04:21
Last Modified: 21 Dec 2022 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22251

Actions (login required)

View Item View Item