UPAYA GURU QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA TULIS AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK MI MASYARIQUL ANWAR IV SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

Mutia, Irma Hestiyana (2017) UPAYA GURU QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA TULIS AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK MI MASYARIQUL ANWAR IV SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Minat belajar sangatlah berpengaruh terhadap prestasi belajar yang dicapai peserta didik. seorang peserta didik yang memiliki minat yang tinggi akan selalu berusaha untuk memenuhi keinginanannya sehingga dapat menghasilkan hasil belajar yang maksimal. Tujuan adalah untuk mengetahui “Mengapa Upaya Guru belum berhasil belum berhasil dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Baca Tulis Qur‟an Hadist di MI Masyariqul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung?”. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dimana pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Sedangkan analisis datanya digunakan analisis dengan tahapan Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis yang penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Berbagai upaya yang telah dilakukan oleh guru Qur‟an Hadist dalam meningkatkan minat baca tulis Al-Qur‟an Hadist Di Mi Masyariqul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung belum menunjukkan hasil yang optimal, hal ini dapat dilihat dari indikasi yaitu : kurangnya perasaan senang peserta didik ketika proses belajar mengajar berlangsung, kurangnya aktivitas dan keterlibatan siswa secara aktif pada kegiatan pembelajaran, dan kurang adanya perhatian pada proses pembelajaran, Sedangkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi adalah yang menjadi permasalahan pada upaya guru dalam meningkatkan minat belajar baca-tulis Al-Qur‟an hadist di MI Masayariqul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung adalah: Guru masih menggunakan metode konvensional sehingga kurang menarik minat siswa ketika proses pembelajaran berlangsung, guru tidak menggunakan media pembelajaran untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran, guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran pada kegiatan apersepsi, Guru kurang memberi pujian atau hadiah atas kemajuan anak, guru kurang menciptakan suasana yang menyenangkan, dan guru kurang menghargai pekerjaan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Nov 2017 08:06
Last Modified: 16 Nov 2017 08:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2225

Actions (login required)

View Item View Item