PERENCANAAN DAKWAH DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS KEAGAMAAN DI MASJID NURUL HUDA BANJARSARI KECAMATAN METRO UTARA KOTA METRO

M., YUSUF NUGROHO (2022) PERENCANAAN DAKWAH DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS KEAGAMAAN DI MASJID NURUL HUDA BANJARSARI KECAMATAN METRO UTARA KOTA METRO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI M YUSUF NUGROHO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perencanaan Dakwah Dalam Meningkatkan Aktifitas Keagamaan Di Masjid Nurul Huda Banjarsari Kecamatan Metro Utara Kota Metro Oleh: M Yusuf Nugroho Pengawasan merupakan suatu proses untuk “menentukan” bahwa tindakan-tindakan apa yang akan dilakukan dimasa mendarang sehingga kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi dapat teratasi, dan pesan dakwah akan tersampaikan dengan optimal. Masjid Nurul Huda Banjarsari Kota Metro adalah lembaga dakwah nonformal yang sebelum pelaksanaannya dibutuhkan perencanaan yang matang sehingga tujuan yang dicapai akan lebih mudah terealisasikan. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data yang di pakai adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data menggunakan analisis kualitatif dengan menarik kesimpulan data menggunakan cara induktif, yaitu berangkat dari fakta-fakta yang khusus, peristiwa yang konkrit kemudian dari fakta atau peristiwa khusus ditakrik kesimpulan menjadi umum. Dengan demikian jumlah keseluruhan populasi pengurus masjid adalah 16 dan yang menjadi sampel adalah 3 orang. Masjid Nurul Huda Banjarsari Metro telah melakukan perencanaan dakwah dengan baik dalam meningkatkan aktifitas keagamaan hanya saja perlu diperbaiki pada langkah perkiraan dan perhitungan dimasa yang akan datang melalui langkah-langkah perencanaan dakwah Berdasarkan dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Masjid Nurul Huda Banjarsari Metro dalam proses kegiatan hanya melaksanakan 6 dari 7 langkah perencanaan dakwah diantaranya yaitu: penentuan dan perencanaan sasaran dalam rangka menetapkan tujuan dakwah, penetapan tindakan-tindakan dakwah dan prioritas pelaksanaan, penerapan metode dakwah, penentuan dan penjadwalan waktu , penetapan lokasi atau tempat dakwah, penetapan biaya fasilitas dan faktor-faktor lain yang diperlukan bagi penyelenggaraan dakwah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:56
Last Modified: 21 Dec 2022 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22245

Actions (login required)

View Item View Item