ANALISIS SIYASAH SYAR’IYYAH TERHADAP IMPLEMENTASI KEPPRES NOMOR 11 TAHUN 2020 TENTANG PENETAPAN KEDARURATAN KESEHATAN MASYARAKAT CORONA VIRUS DISEASE 19 (COVID-19)

ANDRIANSA, Safari (2022) ANALISIS SIYASAH SYAR’IYYAH TERHADAP IMPLEMENTASI KEPPRES NOMOR 11 TAHUN 2020 TENTANG PENETAPAN KEDARURATAN KESEHATAN MASYARAKAT CORONA VIRUS DISEASE 19 (COVID-19). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS 1 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANDRIANSA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini di seluruh dunia sedang terjadi sebuah pandemi yang mempunyai dampak cukup besar di semua sektor kehidupan manusia. Word Health Organization (WHO) telah menetapkan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 sebagai sebuah ancaman. Corona Virus dapat menular dengan cepat dari satu orang ke orang lain dalam jarak dekat, penyebarannya serupa dengan penyakit pernapasan lain, seperti flu, droplet atau percikan dari air ludah atau ingus orang yang terinfeksi terlontar ketika bersin atau batuk. Penetapan Keppres Nomor 11 Tahun 2020 pada tanggal 31 Maret 2020 merupakan langkah awal secara konstitusional yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk mencegah penyebaran Covid-19 lebih luas. Pasca penetapan keppres tersebut, pemerintah kemudian juga menetapkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 21 Tahun 2020 tentang pembatasan sosial berskala besar dalam rangka pecepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dari Peraturan Pemerintah tersebut, Pasal 4 ayat 1 menjelaskan tentang pembatasan sosial bersekala besar paling sedikit meliputi pelibur sekolah, tempat kerja dan pembatasan kegiatan keagamaan seperti hak untuk mendapatkan pendidikan, hak untuk bekerja sebagainya. Paradigma perbatasan hak asasi semacam ini merupakan paradigma pelaksanaan negara dalam keadaan darurat. Terdapat rumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana implementasi Keppres Nomor 11 Tahun 2020 tentang penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat Corona Virus Disease 19 (Covid�19). Bagaimana analisis siyāsah syar’iyyah terhadap implementasi Keppres Nomor 11 Tahun 2020 tentang penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat Corona Virus Disease 19 (Covid-19). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Keppres Nomor 11 Tahun 2020 tentang penetapan kesehatan masyarakat Corona Virus Disease 19 (Covid 19). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan cara mengkaji terhadap Peraturan Perundang-Undangan. Tehnik pengumpulan data dengan melakukan penelusuran berbagai sumber data berupa dokumentasi, pemberitaan media sosial, buku, dan jurnal. iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses suatu Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang tenetapan kedaruratan kesehatan masyarakat Corona Virus Disease 19 (Covid�19) senyatanya sudah sangat efektif, jika di dalam sebuah kasus sebelum adanya proses Karantina dan PSBB masyarakat masih minim akan hal sadar akan bahayanya, namun pasca hadirnya sebuah Peraturan yang di dalamnya mengajak masyarakat untuk senantiasa melakukan kegiatan dan proses pemerintah dalam megakomodir masyarakat dalam berperilaku bersih dan sehat yang di dalamnya adalah sebuah substansi dalam sebuah Perppres tersebut. Kata Kunci : Siyāsah Syar’iyyah, Covid-19, Kesehatan Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:37
Last Modified: 21 Dec 2022 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22242

Actions (login required)

View Item View Item