PENGARUH STIMULUS BISNIS, DIGITAL MARKETING, DAN RELAKSASI PEMBIAYAAN TERHADAP KETAHANAN UMKM AKIBAT WABAH COVID-19 DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Kantor Cabang Gisting)

ELMA, MUTIA (2022) PENGARUH STIMULUS BISNIS, DIGITAL MARKETING, DAN RELAKSASI PEMBIAYAAN TERHADAP KETAHANAN UMKM AKIBAT WABAH COVID-19 DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Kantor Cabang Gisting). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I  II  V  Perpustakaan Pusat.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Elma Mutia_1851020304.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi covid-19 pertama kali dideteksi di kota wuhan,tiongkok pada tangga 31 desember 2019 dan ditetapkan sebagai pandemi oleh (WHO). Covid-19 menyebar dari manusia kemanusia melalui percikan pernapasan selama batuk. Percikan ini juga dapat dihasilkan melalui bersin. Pandemi ini menyebabkan gangguan sosial dan ekonomi yang mengakibatkan banyak ketidakstabilan dalam berbagai bidang termasuk Umkm. Penelitian ini membahas pengaruh stimulus bisnis, digital marketing dan relaksasi pembiayaan terhadap ketahanan umkm akibat wabah covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantatif dengan sumber data primer. Jumlah sampel sebanyak 46 anggota yang terdaftar sebagai pelaku umkm pada BMT Assyafi‟iyah Berkah Nasional Kantor Cabang Gisting, Tanggamus. Hasil penelitian pada uji t untuk variabel stimulus bisnis memperoleh t hitung < t tabel yaitu – 0,320 < 2.018 dan nilai signifikasi sebesar 0.751 > 0,05. Digital marketing memperoleh nilai t hitung < t tabel yaitu 0,894 < 2.018 dan nilai signifikansi sebesar 0,376 > 0,05. Dan relaksasi pembiayaan memperoleh nilai t hitung < t tabel yaitu 1.222 > 2.018 dan nilai signifikansi sebesar 0,04 < 0,05. Hasil penelitian pada uji f untuk variabel stimulus bisnis,digital marketing dan relaksasi pembiayaan dapat di ketahui bahwa nilai f hitung > f tabel yaitu 314 > 2.82 dan nilai signifikansi sebesar 0,85 > 0,05. Dari hasil uji t yang di peroleh dapat disimpulkan bahwa variabel stimulus bisnis, digital marketing tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap ketahanaan umkm sedangkan relaksasi pembiayaan memiliki pengaruh secara parsial terhadap ketahanan umkm, dan berdasarkan hasil uji f variabel stimulus bisnis,digital marketing, relaksasi pembiayaan tidak memiliki secara simultan terhadap ketahanan umkm. Kata kunci: Stimulus Bisnis, Digital Marketing, Relaksasi Pembiayaan, Ketahanan UMKM ABSTRACT The Covid-19 pandemic was first detected in the city of Wuhan, China on December 31 2019 and was declared a pandemic by (WHO). Covid-19 spreads from human to human through respiratory droplets during coughing. These sparks can also be generated by sneezing. This pandemic caused social and economic disturbances which resulted in a lot of instability in various fields including MSMEs. This study discusses the effect of business stimulus, digital marketing and financing relaxation on the resilience of MSMEs due to the Covid-19 outbreak. This study uses a type of quantitative research with primary data sources. The total sample is 46 members who are registered as SMEs at the BMT Assyafi'iyah Berkah National Gisting Branch Office, Tanggamus. The results of the research on the t test for the business stimulus variable obtained t count < t table, namely - 0.320 < 2.018 and a significance value of 0.751 > 0.05. Digital marketing obtained a t count < t table, namely 0.894 < 2.018 and a significance value of 0.376 > 0.05. And financing relaxation obtained a t count < t table, namely 1,222 > 2,018 and a significance value of 0.04 < 0.05. The results of the research on the f test for business stimulus variables, digital marketing and financing relaxation can be seen that the value of f count > f table is 314 > 2.82 and a significance value of 0.85 > 0.05. From the results of the t test obtained, it can be concluded that the business stimulus variable, digital marketing, does not have a partial effect on MSMEs resilience, while financing relaxation has a partial effect on MSMEs resilience, and based on the f test results, the business stimulus variable, digital marketing, financing relaxation does not have simultaneously against umkm resistance. Keywords: Business Stimulus, Digital Marketing, Financing Relaxation, MSME Resilience

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:37
Last Modified: 21 Dec 2022 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22241

Actions (login required)

View Item View Item