PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TENAGA PENDIDIK DI MTs GUPPI BANJIT WAY KANAN

Melinda, Juliantina (2022) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TENAGA PENDIDIK DI MTs GUPPI BANJIT WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL MELINDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Supervisi adalah salah satu usaha menstimulasi, mengkoordinasi dan membimbing secara kontinyu pertumbuhan guru�guru di sekolah baik secara individual maupun secara kolektif, agar lebih mengerti dan lebih efektif dalam mewujudkan seluruh fungsi pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kepala Madrasah sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Pendidik Di MTs GUPPI Banjit Way Kanan. Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor memiliki 7 indikator yang berupa : 1) Membantu guru dalam persiapan mengajar, 2) Membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, 3) Membantu guru dalam menggunakan berbagai sumber dan media belajar, 4) Membantu guru dalam menerapkan metode dan teknik mengajar, 5) Membantu guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran, 6) Membantu guru dalam melakukan analisis hasil belajar, 7) Membantu guru dalam menganalisis kesulitan belajar siswa. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan dan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Triangulasi sumber. Temuan penelitian yaitu peran yang dilakukan kepala madrasah sebagai supervisor di MTs GUPPI Banjit Way Kanan. Diimplementasikan kepada tenaga pendidikan yaitu guru mampu menyusun RPP. Melakukan supervisi dengan mengikutkan guru dalam pelatihan-pelatihan, seminar, dan diklat. Pengadaan peralatan dan media pendidikan yang sesuai dengan mata pelajaran. Pengadakan observasi atau kunjungan kelas untuk peningkatan efektivitas pembelajaran. Mengadakan rapat bersama guru-guru untuk mengetahui apa saja yang perlu dibenahi. Proses pengimplementasian program supervisi, agar memberikan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan kebutuhan. Memberikan motivasi bagi guru dalam perbaikan dan peningkatan mutu pembelajaran. Kata kunci : Supervisi Pendidikan, Peran Sebagai Supervisor iii ABSTRACT Supervision is one of the efforts to continuously stimulate, coordinate and guide the growth of teachers in schools both individually and collectively, so that they understand more and are more effective in realizing all teaching functions. This study aims to determine the role of the Madrasah Principal as a Supervisor in Improving the Quality of Educators at MTs GUPPI Banjit Way Kanan. The role of the Madrasah Head as Supervisor has 7 indicators in the form of: 1) Assisting teachers in teaching preparation, 2) Assisting teachers in carrying out the learning process, 3) Assisting teachers in using various sources and learning media, 4) Assisting teachers in applying teaching methods and techniques , 5) Assisting teachers in carrying out learning evaluations, 6) Assisting teachers in analyzing learning outcomes, 7) Assisting teachers in analyzing student learning difficulties. This research method uses a qualitative approach. Data collection techniques by means of interviews, observation and documentation. The data obtained were analyzed by means of data reduction, data presentation, and drawing conclusions while the data validity test was carried out by persistence and observation and triangulation. The triangulation used in this research is source triangulation. The research finding is the role played by the head of the madrasa as a supervisor at MTs GUPPI Banjit Way Kanan. Implemented for educational staff, namely teachers who are able to compile lesson plans. Supervise by involving teachers in training, seminars, and training. Procurement of educational equipment and media in accordance with the subjects. Conducting observations or class visits to increase learning effectiveness. Hold a meeting with the teachers to find out what needs to be fixed. The process of implementing the supervision program, in order to provide satisfactory results and according to needs. Provide motivation for teachers in improving and improving the quality of learning. Keywords: Education Supervision, Role as Supervisor

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:34
Last Modified: 21 Dec 2022 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22240

Actions (login required)

View Item View Item