PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Jariatun, J (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_JARI_ATUN.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Pemilihan media pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar peserta didik di MIN 2 Bandar Lampung, media yang digunakan guru matematika masih menggunakan media buku dan papan tulis, media papan tulis tidak memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan pengetahuanya. Pembelajaran yang masih berpusat pada guru, siswa lebih banyak mendengarkan, menulis dan mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru sehingga pembelajaran kurang menarik dan hanya dibayangkan saja sehingga hasil belajar metematika siswa kelas IV MIN 2 Bandar Lampung tergolong rendah. Untuk itu digunakan media realia dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar matematika di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung tahun 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian quasi experiment (eksperimen semu), dengan desain Nonequivalent control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Random Sampling, dalam penelitian ini dipilih dengan cara mengundi dan kelas IV A terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah soal pretest-postest yang berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 soal. Setelah data dikumpulkan kemudian pengolahannya dilakukan dengan analisis statistik dengan menggunakan uji-t dengan bantuan IBM SPSS Statistics v.20. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas IV A yang diajarkan menggunakan media realia adalah 71,62 sedangkan nilai rata-rata pada kelas IV B yang diajarkan menggunakan media gambar adalah 66,43. Dengan nilai ttabel < thitung (1,996 > 14.062), dengan taraf segnifikan kurang dari 5% atau 0.05. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh media realia terhadap hasil belajar matematika di kelas IV MIN 2 Bandar Lampung. Kata Kunci: Media Realia, Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Nov 2017 08:03
Last Modified: 16 Nov 2017 08:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2224

Actions (login required)

View Item View Item