IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENGURANGI PROKRASTINASI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

CINDY, SOFIANA (2022) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENGURANGI PROKRASTINASI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prokrastinasi adalah perilaku penundaan mengerjakan tugas hingga menjelang waktu dikumpulkan atau bahkan melebihi batas waktu yang ditentukan. Hal ini disebabkan karena adanya kebosanan dalam mengerjakan tugas dan faktor-faktor lainnya. Salah satu dampak dari penundaan tugas ini adalah kurang optimalnya prestasi akademik yang diraih oleh peserta didik. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pelaksanaan Layanan Kelonseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi prokrastinasi akademik Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang melibatkan guru bimbingan dan konseling (BK) yang bertugas serta menangani masalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Hasil penelitian mengenai pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi prokrastinasi akademik pada peserta Didik, berikut langkah-langkah yang di gunakan guru bimbingan dan konseling dalam Pelaksanaan Layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam mengurangi prilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik SMP Negeri 8 Bandar Lampung, sebagai berikut: 1) Tahap pembentukan; 2). Tahap peralihan ; 3). Tahap kegiatan dan 4). Tahap pengakhiran.Guru bimbingan dan konseling melaksanakan layanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi prokrastinasi akademik pada peserta didi SMP Negeri 8 Bandar Lampung dan juga dengan adanya hasil wawancara, observasi dan dokumentasi menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling sudah melaksanakan layanan konseling kelompok dengan teknik self management menggunakan dengan baik. Hasil pelaksanaan layanan konseling kelompok yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 8 Bandar Lampung selama 4 pertemuan dapat mengurangi prilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik. Kata kunci : Layanan Konseling Kelompok, Self Management, Prokrastinasi Akademik iv ABSTRACT Procrastination is the behavior of delaying doing tasks until before the time is collected or even exceeding the specified time limit. This is due to boredom in doing tasks and other factors. One of the impacts of the postponement of this assignment is the less than optimal academic achievement achieved by students. The aim of this study is to find out the implementation of group counseling services with self-management techniques to reduce academic procrastination in Class VIII students of SMP Negeri 8 Bandar Lampung in the 2021/2022 academic year. The research method used in this study is a descriptive method with a qualitative approach, data collected through interviews, observation and documentation involving guidance and counseling (BK) teachers who are tasked with handling the problems of class VIII students at SMP Negeri 8 Bandar Lampung. The results of the study on the implementation of group counseling services with self-management techniques to reduce academic procrastination in students, the following are the steps used by guidance and counseling teachers in the implementation of group counseling services with self-management techniques in reducing academic procrastination behavior in students of SMP Negeri 8 Bandar Lampung, as follows: 1) The formation stage; 2). Transitional stage; 3). Activity stage and 4). The final stage. Guidance and counseling teachers carry out group counseling services with self�management techniques to reduce academic procrastination in SMP Negeri 8 Bandar Lampung students and also with the results of interviews, observations and documentation showing that guidance and counseling teachers have implemented group counseling services with techniques self-management to use well. The results of the implementation of group counseling services carried out by guidance and counseling teachers at SMP Negeri 8 Bandar Lampung for 4 meetings can reduce academic procrastination behavior in students. Keywords: Group Counseling Services, Self Management, Academic Procrastination

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:12
Last Modified: 21 Dec 2022 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22236

Actions (login required)

View Item View Item