“KOMUNIKASI VISUAL DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PARIWISATA AERO TRAVEL INDONESIA”.

YOGIEZ, SEPRINANDA ZAIN (2022) “KOMUNIKASI VISUAL DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PARIWISATA AERO TRAVEL INDONESIA”. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI YOGIEZ SEPRINANDA ZAIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi Visual dalam strategi bisnis adalah suatu strategi yang menggunakan dunia visual atau sesuatu yang bisa dilihat, mengandung makna, informasi danlainnya, sebagai sarana komunikasi untuk meningkatkan atau mengembangkan perusahaan tersebut, selain itu komunikasi visual juga memanfaatkan perkembangan digital dalam penyebarannya, kemudian yang jadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Komunikasi Visual Strategi Pengembangan Bisnis Pariwisata Aero Travel Indonesia, sehingganya perlu diketahui proses penerapan komunkasi visual agar pengembangan perusahaan semakin terarah dan perlunya penerapan strategi- strategi baru komunikasi visual dapat dirasakan berbagai pihak. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif. Dengan menggunakan metode sumber data primer dan sumber data sekunder, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode interview, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini dengan cara melihat data yang sudah dikumpulkan dari interview, observasi, dokumentasi, serta dilandasi dengan teori dan pendapat yang sudah ada sehingga menghasilkan pemahaman penelitian. Dari hasil penemuan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan komunikasi visual di Aero Travel Indonesia berupa desain grafis berbentuk desain pamflet, foto, dan video, atau sesuatu yang bisa dilihat dan menyampaikan pesan, dengan sebelumnya disortir dan diseleksi agar konten berkwalitas, media yang digunakan Aero Travel Indonesia antara lain, Instagram, Facebook, Tiktok dan Youtube, pelaku dalam strategi pemasaran Aero Travel Indonesia adalah semua crew Aero dan pembuat konten adalah tim khusus multimedia, dalam penggunggahan konten Aero Travel Indonesia juga memiliki standar perusahaan sendiri, salah satunya tidak mengandung unsur sara, porno ataupun pengunggahan foto yang hanya boleh wanita berhijab, strategi pengembangan perusahaan lainnya juga seperti penetrasi pasar, pemberdayaan crew, peningkatan produk dan fasilitas atau alat. Kata Kunci : Komunikasi Visual, Pengembangan Bisnis, Bisnis Pariwisata, Aero Travel Indonesia iv ABSTRACT Visual communication in business strategy is a strategy that uses the visual world or something that can be seen, contains meaning, information and others, as a means of communication to improve or develop the company. This research is how the Visual Communication of Aero Travel Indonesia's Tourism Business Development Strategy, so it is necessary to know the process of implementing visual communication so that the company's development is more focused and the need for the implementation of new visual communication strategies can be felt by various parties. This research is a qualitative research. By using the method of primary data sources and secondary data sources, data collection techniques in this study using the methods of interview, observation, and documentation. Analysis of the data in this study by looking at the data that has been collected from interviews, observations, documentation, and based on existing theories and opinions so as to produce an understanding of the research. From the results of these findings, it can be concluded that the application of visual communication at Aero Travel Indonesia is in the form of graphic designs in the form of pamphlet designs, photos, and videos, or something that can be seen and conveys messages, previously sorted and selected for quality content, the media used by Aero Travel Indonesia. among others, Instagram, Facebook, Tiktok and Youtube, actors in Aero Travel Indonesia's marketing strategy are all Aero crews and content creators are a special multimedia team, in uploading Aero Travel Indonesia content also has its own company standards, one of which does not contain elements of sara, porn or uploading photos that are only allowed for women in hijab, other company development strategies as well such as market penetration, crew empowerment, product improvement and facilities or tools. Keywords: Visual Communication, Business Development, Tourism Business, Aero Travel Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:09
Last Modified: 21 Dec 2022 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22235

Actions (login required)

View Item View Item