PRAKTIK JUAL BELI SISTEM PESANAN PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH (Studi Kasus CV. Pramudhiyo Arsa Kecamatan Kedaton Bandar Lampung)

AHMAD, RYAN PUTRANTO (2022) PRAKTIK JUAL BELI SISTEM PESANAN PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH (Studi Kasus CV. Pramudhiyo Arsa Kecamatan Kedaton Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI A RYAN PUTRANTO .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli merupakan bentuk dari muamalah yang sangat berkembang di masyarakat. Sebagaimana jual beli pesanan di CV. Pramudhiyo Arsa Kecamatan Kedaton Bandar Lampung, praktik nya dalam melakukan transaksi jual beli dengan sistem salam kurang memperhatikan rukun dan syarat jual beli pesanan baik salam ataupun istisna, misalnya harga yang semestinya dilakukan di awal transaksi dilakukan dengan cara memberikan uang muka (DP), harga harus dinyatakan jelas namun praktiknya tidak dinyatakan dengan jelas atau hanya dinyatakan dengan perkiraan dan pembatalan akad yang menyebabkan kerugian salah satu pihak. Dalam permasalahan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul Praktik Jual Beli Sistem Pesanan Perspektif Fiqh Muamalah di CV. Pramudhiyo Arsa Kecamatan Kedaton Bandar Lampung. Rumusan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Praktik Jual Beli Sistem Pesanan di CV. Pramudhiyo Arsa Kecamatan Kedaton Bandar Lampung? Dan Bagaimana Praktik Jual Beli Sistem Pesanan dalam Perspektif Fiqh Muamalah di CV. Pramudhiyo Arsa Kecamatan Kedaton Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Praktik Jual Beli Sistem Pesanan di CV. Pramudhiyo Arsa Kecamatan Kedaton Bandar Lampung dan untuk mengetahui Praktik Jual Beli Sistem Pesanan dalam Perspektif Fiqh Muamalah di CV. Pramudhiyo Arsa Kecamatan Kedaton Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian kualitatif ialah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa praktik jual beli pesanan pada CV. Pramudhiyo Arsa tidak sesuai menurut syara, karena terjadinya perubahan harga barang, ketidaksesuaian dalam pengiriman barang jangka waktu yang telah disepakati pada akad awal mengalami perubahan, perubahan dalam spesifikasi barang, sehingga salah satu pihak merasa dirugikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2022 02:57
Last Modified: 21 Dec 2022 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22233

Actions (login required)

View Item View Item