IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN NO 13 TAHUN 2021 TENTANG PENGENDALIAN TRANSPORTASI SELAMA MASA IDUL FITRI TAHUN 1442 H DALAM RANGKA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 PERSPEKTIF SIYÂSAH TANFÎDZIYYAH (Studi di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung)

RIZAL, MAHENDRA (2022) IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN NO 13 TAHUN 2021 TENTANG PENGENDALIAN TRANSPORTASI SELAMA MASA IDUL FITRI TAHUN 1442 H DALAM RANGKA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 PERSPEKTIF SIYÂSAH TANFÎDZIYYAH (Studi di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 , kegiatan mudik yang biasanya terjadi secara besar-besaran dalam menjelang hari raya Idul Fitri dilarang oleh pihak pemerintah karena berpotensi untuk meluasnya penyebaran covid-19. Hal ini berdasarkan peraturan menteri perhubungan no 13 tahun 2021 tentang pengendalian transportasi selama masa idul fitri 1442 H dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19 dijelaskan bahwa seluruh transportasi yang digunakan untuk kepentingan mudik dilarang beroperasi demi mencegahnya penyebaran covid-19, Akan tetapi walaupun sudah dilarang oleh pihak pemerintah masih banyak sekali masyarakat yang tetap bersikeras melakukan mudik dengan berbagai cara demi sampai ke kampung halaman mereka . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi Peraturan Menteri Perhubungan No 13 Tahun 2021 Tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19? dan Bagimana pandangan Siyâsah Tanfîdziyyah terhadap peraturan menteri perhubungan no 13 tahun 2021 tentang pengendalian transportasi selama masa Idul Fitri 1442 H Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19? Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui Implementasi Peraturan Menteri Perhubungan No 13 Tahun 2021 di Kota Bandar Lampung dan untuk mengetahui pandangan Siyâsah Tanfîdziyyah terhadap implementasi peraturan menteri perhubungan No 13 Tahun 2021 tentang pengendalian transportasi selama masa Idul Fitri 1442 H dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19 Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian merupakan penelitian lapangan (field research) dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan tujuan mengumpulkan data yang didapat dari hasil wawancara dengan metode analisis kualitatif dan dibantu dengan menggunakan teori yang bersangkutan dengan permasalahan ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi peraturan menteri perhubungan no 13 tahun 2021 tentang Pengendalian transportasi selama masa Idul Fitri 1442 H dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19 tidak terlaksana secara maksimal karena masih banyak masyarakat yang mudik. Adapun perspektif Siyâsah Tanfîdziyyah terhadap implementasi peraturan menteri perhubungan no 13 Tahun 2021 tentang pengendalian transportasi selama masa Idul Fitri 1442 H dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19 sudah terlaksana namun belum maksimal. Nabi iii Muhammad SAW juga pernah memperingatkan umatnya untuk tidak dekat dengan wilayah yang sedang terkena wabah. Dan sebaliknya jika berada di dalam tempat yang terkena wabah dilarang untuk keluar. Dikarenakan wabah covid-19 ini merupakan wabah yang tidak terlihat, maka sebaiknya kita tidak berpergian atau mudik ke kampung halaman walaupun niatnya untuk bersilaturahmi kepada orang tua dan sanak saudara

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2022 02:50
Last Modified: 21 Dec 2022 02:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22232

Actions (login required)

View Item View Item