KINERJA KEPEMIMPINAN KEPALA DESA PEREMPUAN DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA (Studi Pada Desa Pasar Muaradua Kecamatan Muaradua Kabupaten Oku Selatan)

SISY, TRI LESTARI (2022) KINERJA KEPEMIMPINAN KEPALA DESA PEREMPUAN DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA (Studi Pada Desa Pasar Muaradua Kecamatan Muaradua Kabupaten Oku Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala Desa Perempuan sangatlah berpengaruh terhadap proses penyelenggaraan pemerintahan yang baik di Desa. Kepemimpinan merupakan konsep mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, motivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya. Kepemimpinan Kepala Desa sebagai permerintah Desa memiliki tugas dan wewenang yang harus di emban dan dilaksanakan di antaranya yaitu Penyelenggaraan pemerintahan Desa sebagaimana yang di atur dalam Undang-undang nomor 06 Tahun 2014 tentang Desa. Namun dalam proses penyelenggaraan pemerintahan ini tentu tidak bisa lepas dari dukungan dan partisipasi masyarakat yang ada di Desa tersebut. Penelitian ini bertuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana kinerja kepemimpinan kepala desa perempuan dalam mencapai produktivitas, responsivitas dan kualitas pelayanan dalam penyelenggaraan pemerintahan Desa Pasar Muaradua. Dalam penulisan skripsi ini digunakan jenis penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif analisis yaitu penelitian yang menuturkan dan menguraikan data yang bersumber dari data primer melalui observasi, wawancara, maupun laporan dalam bentuk dokumen, dan data sekunder dengan mengadakan studi pustaka (library reaseach) berupa Al-Qur’an, pendapat para ulama/para ahli, peraturan perundang-udangan, dokumen serta buku dan karya ilmiah lainnya. Hasil Peneltian ini menunjukan bahwa produktivitas, responsivitas dan kualitas pelayanan bahwa Kinerja Kepemimpinan Kepala Desa Perempuan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Pasar Muaradua cukup baik. Hal ini terlihat Produktifitas kinerja kepala Desa Pasar Muaradua yang menerima jabatan sejak 21 November 2021 sampai 21 September 2022 dengan presentase 46% dari 13 program kerja yang akan dilaksanakan sudah 6 terlaksana dengan baik namun masih terdapat kekurangan dalam hal program kerja yang hanya bersifat jangka pendek atau belum berkelanjutan. Program yang telah terlaksana pencapaian presentase yang diperoleh mencapai 78% menandakan penyelesaian tugas yang baik, Responsivitas kepala Desa Pasar Muaradua sudah menjalankan tugasnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. dilihat dari data kedisiplinan perangkat desa yang dapat hadir tepat waktu dan dalam hal pelayanan mampu bekerjasama menjalanannkan program kerja sesuai prosedur yang telah disepakati. Kualitas pelayanan yang berdasarkan indeks kepuasan masyarakat (IKM) menunjukan bahwa rata-rata nilai dari 11 unsur pelayanan yang diberikan oleh Kepala Desa Pasar Muaradua memiliki nilai rata-rata sebesar 30,03. Berdasarkan dari nilai masing-masing unsur pelayanan maka unsur pelayanan (Kecepatan Pelayanan) memiliki nilai 2,89 yang merupakan nilai tertinggi. Kata Kunci: Kinerja, Kepemimpinan Kepala Desa, Pemyelenggaraan Pemerintahan Desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Dec 2022 08:07
Last Modified: 20 Dec 2022 08:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22231

Actions (login required)

View Item View Item