ANALISIS PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF PADA ENTREPRENEUR DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Sentra Produksi Keripik Askha Jaya Segala Mider Kecamatan Tanjung Karang Barat Kota Bandar Lampung)

DESTYA, HERNITA (2022) ANALISIS PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF PADA ENTREPRENEUR DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Sentra Produksi Keripik Askha Jaya Segala Mider Kecamatan Tanjung Karang Barat Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DESTYA HERNITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan sektor industri menunjukan perubahan perekonomian menjadi lebih maju dibandingkan perekonomian yang mengandalkan sektor primer seperti sektor pertanian dan sektor pertambangan. Sektor industri kreatif merupakan sektor yang menyumbang peranan tertinggi ke dua setelah sektor pertanian dan sektor pertambangan. Adanya sektor industri kreatif atau ekonomi kreatif di Provinsi Lampung dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang menjadi seorang entrepreneur untuk memperoleh penghasilan bahkan dapat membuka lowongan pekerjaan. Masuknya virus Covid�19 ke Indonesia pada tahun 2020 berdampak besar bagi masyarakat. Dimana adanya virus ini tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat saja, bahkan berdampak pula pada keadaan dan kondisi ekonomi masyarakat. Adanya virus covid-19 ini mengakibatkan masyarakat mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga laju ekonomi yang ada di masyarakat menjadi menurun. Hal ini juga berpengaruh pada usaha yang di bangun oleh entreprenuer, dimana banyak entreprenuer yang mengalami kesulitan dalam menjalankan usahanya. Kesulitan yang dialami masyarakat pada saat pandemi ini berdampak pada laju pertumbuhan ekonomi yang ada di masyarakat sehingga mengakibatkan laju pertumbuhan ekonomi daerah ikut menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan ekonomi kreatif pada entreprenuer dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah pada masa pandemi Covid-19 di Sentra Produksi Keripik Askha Jaya dalam Persepktif Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan metode pendekatan kualitatif. Data yang digunakan data primer dan data sekunder dan data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian analisis pengembangan ekonomi kreatif pada entrepreneur dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah pada masa pandemi Covid-19 menurut perspektif Ekonomi Islam memperoleh hasil bahwa pengembangan terkait ekonomi kreatif di Sentra Produksi Keripik Askha Jaya tidak dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah pada masa pandemi Covid-19. Hal tersebut dikarenakan penurunan pendapatan yang diperoleh Sentra Produksi Keripik Askha Jaya menurun secara drastis. Penurunan pendapatan yang diperoleh Sentra Produksi Askha Jaya sebesar 80% sampai 90%. Dalam perspektif Ekonomi Islam analisis pengembangan ekonomi kreatif pada entreprenuer dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah pada masa pandemi Covid-19 sudah sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam seperti menerapkan prinsip tauhid, prinsip khalifah, prinsip nubuwah, dan prinsip ma’ad. Kata Kunci : Ekonomi Kreatif, Entrepreneur, Pertumbuhan Ekonomi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Dec 2022 08:00
Last Modified: 20 Dec 2022 08:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22229

Actions (login required)

View Item View Item