MANAJEMEN PELAYANAN NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA PANJANG BANDAR LAMPUNG

ISTIQOMAH, Mulyadi Yanto (2022) MANAJEMEN PELAYANAN NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA PANJANG BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Istiqomah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen adalah kegiatan yang melaksanakan dan mengatur agar sesuatu dapat tersusun secara rapih, manajemen juga sangat diperlukan untuk mencapai efesiensi dan efektifitas suatu organisasi. pelayanan merupakan proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain secara langsung, sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen pelayanan adalah manajemen proses, yaitu sisi manajemen yang mengatur dan mengendalikan proses pelayanan, agar mekanisme kegiatan pelayanan dapat berjalan tertib, tepat mengenai sasaran dan memuaskan pihak yang dilayani. KUA kecamatan Panjang adalah salah satu Kantor Urusan Agama yang berada dikota Bandar Lampung, sehingga pelayanan yang diberikan sangat penting untuk menjamin kepuasan masyarakat terhadap kinerja KUA. Pokok permasalahan peneliti adalah untuk mengetahui bagaimana fungsi manajemen pelayanan di kantor urusan agama panjang bandar lampung terhadap SOP yang ada. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang meneliti fungsi manajemen pada pelayanan pernikahan . penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fungsi manajemen pelayanan di kantor urusan agama panjang yang mencakup perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuanting), dan pengawasan (controling) telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan SOP atau aturan yang telah diterapkan oleh KUA. Kunci : Manajemen, Pelayanan, dan Nikah vi ABSCTRAK Management is an activity that carries out and arranges so that something can be arranged neatly, management is also very necessary to achieve the efficiency and effectiveness of an organization. service is a process of meeting needs through the activities of other people directly, so it can be concluded that service management is process management, namely the management side that regulates and controls the service process, so that the mechanism of service activities can run in an orderly, right on target and satisfy the parties served. KUA Panjang sub-district is one of the Religious Affairs Offices in the city of Bandar Lampung, so the services provided are very important to ensure community satisfaction with the performance of KUA. The main problem of the researcher is to find out how the function of service management at the Panjang Religious Affairs Office in Bandar Lampung is to the existing SOPs. This research is a type of field research that examines the function of management in marriage services. This study uses qualitative research methods that use interview, observation, and documentation techniques to collect data. The results of this study indicate that the function of service management in the religious affairs office which includes planning, organizing, actuanting, and controlling has been running well and in accordance with SOPs or rules that have been applied by the KUA. . Key: Management, Service, and Marriage

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:26
Last Modified: 20 Dec 2022 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22227

Actions (login required)

View Item View Item