ANALISIS MEKANISME PEMBAYARAN PREMI DAN PENGAJUAN KLAIM ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN NASABAH PADA PT. ASURANSI UMUM BUMIPUTERA MUDA 1967 CABANG SYARI’AH BANDAR LAMPUNG

Delyo, Cilva (2022) ANALISIS MEKANISME PEMBAYARAN PREMI DAN PENGAJUAN KLAIM ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN NASABAH PADA PT. ASURANSI UMUM BUMIPUTERA MUDA 1967 CABANG SYARI’AH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dalam industri asuransi syariah sering terjadi permasalahan dalam hal pengajuan klaim. Hal ini biasanya terjadi karena pihak tertanggung kurang memahami proses dan prosedur dalam penanganan klaim. Hal inilah yang menjadi penyebab pihak perusahaan asuransi terkesan memperlambat dan mempersulit terhadap penyelesaian dalam proses pengajuan klain oleh pihak tertanggung terutama pada asuransi yang berbasis syariah. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana standar operasional pelayanan (SOP) pembayaran premi dan pengajuan klaim serta dinamika pelayanan dalam meningkatkan kepercayaan nasabah asuransi syariah kendaraan bermotor pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Syari’ah Bandar Lampung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui standar operasional pelayanan (SOP) pembayaran premi dan pengajuan klaim serta dinamika pelayanan dalam meningkatkan kepercayaan nasabah asuransi syariah kendaraan bermotor. Metodologi penelitian yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan ialah dengan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dalam pembayaran premi dibagi atas beberapa wilayah diantaranya wilayah 1 meliputi Pulau Sumatra dan Kepulauan sekitarnya. Wilayah 2 meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Wilayah 3 meliputi daerah yang diluar dari Wilayah 1 & Wilayah 2. Standar Operasional Pelayanan pada Asuransi Syariah Bumiputera Muda Akad dalam klaim asuransi syariah kendaraan bermotor yaitu menggunakan Akad Tabarru , akad Wakalah bil Ujroh, dan akad mudharabah. Adapun dinamika pelayanan meningkatkan nasabah yaitu dengan memberikan pelayanan klaim yang baik, menambah mitra baru dan membuka pangsa pasar baru bekas. Kata Kunci : Premi, Klaim, Kepercayaan Nasabah, Asuransi Syariah ABSTRACT In the sharia insurance industry, there are often problems in terms of submitting claims. This usually happens because the insured party does not understand the process and procedures in handling claims. This is the reason why the insurance company seems to slow down and complicate the settlement in the process of submitting klain by the insured, especially in sharia-based insurance. The formulation of the problem from this study is how the service operational standards (SOP) for premium payments and claim submissions as well as service dynamics in increasing the trust of motor vehicle sharia insurance customers in PT. Bumiputera Muda General Insurance 1967 Shari'ah Branch Bandar Lampung. The purpose of this study is to determine the operational standards of service (SOP) for premium payments and claim submissions as well as service dynamics in increasing the trust of motor vehicle sharia insurance customers. The research methodology used by researchers to collect the data needed is field research . This research uses a qualitative approach. The data collection techniques that researchers used in this study included observation, interviews and documentation. Based on the results of the study, it was concluded that the premium payment was divided into several areas including area 1 covering Sumatra Island and the surrounding islands. Region 2 includes DKI Jakarta, West Java and Banten. Region 3 includes areas outside of region 1 and Region 2. Service Operational Standards on Bumiputera Muda Akad Sharia Insurance in motor vehicle sharia insurance claims are using the Tabarru Contarct, Wakalah bil Ujroh contract, and mudharabah contract. The dynamics of service improve customers, namely by providing good claims services, adding new partners and opening up new market shares. Keyword : Premiums, Claims, Customer Trust, Sharia Insurance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:06
Last Modified: 20 Dec 2022 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22223

Actions (login required)

View Item View Item