PENERAPAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP MINAT BELAJAR KELAS III SD/MI

EVA, OKTAVIANA (2022) PENERAPAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP MINAT BELAJAR KELAS III SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI EVA OKTAVIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT(TGT) BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP MINAT BELAJAR KELAS III SD/MI Oleh Eva Oktaviana Minat belajar adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. Minat sangat erat dalam perasaan individu, obyek, aktivitas dan situasi. Jadi jelas minat mempelajari sesuatu. Jadi hasilnya lebih baik dari seseorang yang tidak berminat dalam mempelajari sesuatu tersebut. Minat dapat artikan sebagai kesukaran, kegemaran atau kesenangan akan sesuatu. Minat muncul tidak secara tiba-tiba atau sepontan, melainkan mucul akibat dari partisipasi, pengalaman, kebiasaan pada waktu belajar. Latar belakang masalah diperlukan untuk membantu berjalannya pembaruan kurikulum tersebut supaya tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat tercapai jika melalui kegiatan belajar yang berkualitas. Caranya dengan merancang kegiatan belajar mengajar yang bisa membuat peserta didik aktif, kreatif, dalam suasana yang menyenangkan, bermakna bagi peserta didik, sehingga dapat tercapai dengan baik jika dengan interaksi dari berbagai hal tersebut saling berkaitan. Berdasarkan rendahnya keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik merupakan indikasi bahwa pelajaran yang yang dilaksanakan selama ini belum mencapai ketuntasan dikarenakan beberapa faktor yaitu pembelajaran yang digunakan masih menggunakan metode ceramah .sehingga dengan ini rumusan masalah nya adalah apakah penerapan metode team games tournament (tgt) berbantu media pembelajaran ludo pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas III SD/MI Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode TGT. Penelitian ini dilakukan selama III siklus . Setiap siklus terdiri dari empat tahaap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,observasi, dan refleksi. Indikator ketercapaian minat belajar peseta didik pada penelitian ini ≥73,75% keseluruhan peserta didik. Subjek peneltian in adalah kelas III SDN 3 Endang Rejo, kecamatan Seputih Agung, kabupaten Lampung Tengah yang berjumlah 27 siswa Pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. iii Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode TGT berbantu media pembelajaran ludo pada pembelajaran tematik kelas III SD/MI. Hal ini di buktikan adanya peningkatan minat belajar peserta didik dari tiap siklusnya, yaitu siklus I sebesar 49,53% siklus II meningkat menjadi 60% dan pada siklus III meningkat menjadi 73,75% dari jumlah keseluruhan peserta didik Kelas III SDN 3 Endang Rejo. Kata Kunci : Metode TGT pada Pembelajaran Tematik Terhadap Minat Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Dec 2022 06:59
Last Modified: 20 Dec 2022 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22221

Actions (login required)

View Item View Item