ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP CERAI GUGAT AKIBAT KEKERASAN VERBAL DALAM RUMAH TANGGA (Studi Putusan Nomor 077/Pdt.G/2011/PA.Srl)

ARDIANSYAH, Mulyadi (2022) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP CERAI GUGAT AKIBAT KEKERASAN VERBAL DALAM RUMAH TANGGA (Studi Putusan Nomor 077/Pdt.G/2011/PA.Srl). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARDIANSYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam perjalanan kehidupan berumah tangga tidak selamanya suami istri dapat mempertahankan kelangsungan rumah tangganya berjalan mulus, tidak sedikit rumah tangga suami istri putus karena perceraian. Dalam perkara ini yang menjadi sebab untuk mengajukan cerai gugat tersebut adalah karena rumah tangga Penggugat dan Tergugat sudah tidak rukun lagi sering terjadi perselisihan dan pertengkaran yang disebabkan karena Tergugat sering melakukan kekerasan verbal atau selalu berkata-kata kasar kepada Penggugat. Penelitian ini bejudul “Analisis Hukum Islam Terhadap Cerai Gugat Akibat Kekerasan Verbal dalam Rumah Tangga (Studi Putusan Nomor 077/Pdt.G/2011/PA.Srl)”. Permasalahan dalam skripsi ini adalah apa yang menjadi Pertimbangan Hakim terhadap Cerai Gugat akibat kekerasan verbal dalam rumah tangga dalam Putusan Perkara Nomor 077/Pdt.G/2011/PA.Srl? dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap Cerai Gugat akibat kekerasan verbal dalam rumah tangga putusan perkara Nomor 077/Pdt.G/2011/PA.Srl?. Berdasarkan penjelasan dari rumusan masalah tersebut, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pertimbangan hakim terhadap Cerai Gugat akibat kekerasan verbal dalam rumah tangga putusan perkara Nomor 077/Pdt.G/2011/PA.Srl dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap Cerai Gugat akibat kekerasan verbal dalam rumah tangga putusan perkara Nomor 077/Pdt.G/2011/PA.Srl. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library Research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data Primer, Sekunder, dan Tersier. Metode pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi dan studi pustaka. Selanjutnya, metode pengolahan data dengan cara, pemeriksaan data, penandaan data, dan rekontruksi data. Adapun metode analisis data yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan metode berpikir deduktif. Hasil penelitian skripsi ini yaitu bahwa pertimbangan hakim dalam menetapkan cerai gugat akibat kekerasan verbal dalam rumah tangga putusan nomor 077/Pdt.G/2011/PA.Srl berdasarkan pada iii alasan istri mengajukan gugatan suami sering meninggalkan rumah tanpa alasan yang jelas, mereka sering berselisih dalam rumah tangganya yang jikalau marah suami sering mengeluarkan kata-kata kasar terhadap istri sehingga istri sakit hati dan tersiksa batinnya maka hakim memutuskan untuk mengabulkan gugatan cerai khulu’ dengan verstek karena suami tidak hadir dalam persidangan. Sedangkan ditinjau dari hukum Islam khulu’ atau cerai gugat diperbolehkan dengan isteri membayar tebusan terhadap suami (iwadh) atau terdapat kebolehan apabila suami terbukti berperangai buruk dengan berkata kasar terhadap isteri yang membuat istri tersiksa dan sakit hatinya, dikhawatirkan menimbulkan madharat bila perkawinan tetap dilanjutkan, maka khulu’ atau gugatan cerai adalah jalan yang harus diambil. Kata kunci: Cerai Gugat, Perceraian, Kekerasan Verbal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Dec 2022 06:19
Last Modified: 20 Dec 2022 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22217

Actions (login required)

View Item View Item