PENERAPAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZEL DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLBN PKK PROVINSI LAMPUNG

Selvia, Ariska (2022) PENERAPAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZEL DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLBN PKK PROVINSI LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI Selvia Ariska.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh Minat belajar anak tunagrahita masih tergolong minim yang dapat dilihat dari siswa tunagrahita masih sering teralihkan perhatiannya di luar topik pembahasan yang sedang dibahas, antusia siswa dalam belajar masih kurang, ditandai dengan tidak dapat memfokuskan kepada suatu objek atau materi yang disampaikan guru di kelas, ada juga anak hiperaktif,Kurangnya tenaga profesional bimbingan konseling karena yang menagani masalah pada siswa adalah guru kelas yang bukan dari jurusan bimbingan konseling, Media pembelajaran yang ada di Sekolah Luar Biasa (SLBN) PKK Provinsi Lampung masih terbatas. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan bimbingan klasikal dengan mengunakan media puzzel dapat menumbuhkan minat belajar anak tunagrahita ringan di Sekolah Luar Biasa Negeri(SLBN) PKK Provinsi Lampung, dan tujuan penelitian ini adalah untuk menmbuhkan minat belajar mengunakan bimbingan klasikal dengan media puzzel pada anak tunagrahita ringan di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) PKK Provinsi Lampung Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis & Mc Taggart dengan langkah meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) PKK Provinsi Lampung. Subyek penelitian berjumlah 8 anak tunagrahita ringan yang merupakan kelas IC dan obyek penelitiannya adalah untuk menumbuhkan minat belajar. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dua siklus dan setiap siklusnya tiga kali pertemuan. Alat pengumpulan data penelitian mengunakan observasi, angket, wawncara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi pelaksanaan dan angket. Analisis penelitian dilakukan secara kuantitatif dari hasil angket dan lembar observasi pelaksanaan bimbingan klasika. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa 1) Keterlaksanaan bimbingan menggunakan bimbingan klasikal dengan mengunakan media puzzel dapat menumbuhkan minat belajar dengan baik. Hal ini sesuai dengan pengamatan observer yang dilakukan pada guru mulai dari siklus I sampai siklus II dan setiap siklusnya dengan rata-rata siklus I 8,5% meningkat pada siklus II menjadi 90%. 2) tumbuhnya minat belajar anak tunagrahita ringan mengunakan media puzzel. Hal ini sesuai dengan hasil persentase hasil angket siklus I dan siklus II. Presentase siklus I sebesar 5,70% dan siklus II sebesar 6,70%. Dengan hal ini dapat dikatakan berhasil dalam menumbuhkan minat belajar anak tunagrahita ringan. Kata kunci: Bimbingan Klasikal, Media Puzzel, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:12
Last Modified: 20 Dec 2022 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22212

Actions (login required)

View Item View Item