TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENJUALAN BARANG DENGAN SISTEM PAKET SALE REJECT (Studi Di Toko Dikromoshop Sukarame)

Yuni, Lestari (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENJUALAN BARANG DENGAN SISTEM PAKET SALE REJECT (Studi Di Toko Dikromoshop Sukarame). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of YUNI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

juga tidak leluasa mengamati barang yang akan dibelinya karena barang dalam kondisi dibungkus apalagi pembeli yang membeli secara online yang tidak mungkin melihat atau iv memilih barang yang dibelinya dan barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan. Tinjauan hukum Islam terhadap praktik penjualan barang dengan sistem paket sale reject di toko dikromoshop Sukarame tidak menjalankan sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Sebab, penjual tidak menjelaskan secara benar atau jujur kepada pembeli tentang kualitas dan keadaan barang yang cacat tersebut. Jika penjual tidak menjelaskan maka penjual terhitung melakukan tindakan penipuan sehingga menyebabkan akad menjadi fasid (cacat) dan termasuk kedalam jual beli yang tidak sah (ghairu shahih). Kata kunci: Jual Beli, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2022 07:09
Last Modified: 19 Dec 2022 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22198

Actions (login required)

View Item View Item