RANI, FEBRIANI (2022) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS NEGERI 1 LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Kelas VII di MTs Negeri 1 Lampung Tengah. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian One Grub Pretest-Posttest populasi dalam penelitian ini adalah 36 peserta didik dengan jumlah sample 6 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, kuesioner/angket. Data primer diperoleh langsung dari responden yaitu masih ada yang belum memahami atau belum paham pada salah satu mata pelajaran di kelas terbukti dengan adanya laporan dari wali kelas yaitu membolos ketika mata pelajaran yang dianggapnya susah dan juga merasa pesimis dengan kemampuan yang dimiliki sehingga nilai yang didapatkan tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah di tentukan, kurang aktif, menunda mengerjakan tugas, malas membaca buku dan malas mendengarkan penjelasan guru sedangkan data sekunder berupa teori-teori motivasi, fungsi, ciri-ciri, aspek dan factor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik Cognitive Restructuring adalah 77,5 dan setelah mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik Cognitive Restructuring menjadi 110. Dari hasil uji wilxocon nilai Z yang didapat sebesar -signifikan 0,027 dimana 0,027>0,05 maka Ho ditolak Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar peserta didik meningkat setelah mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik Cognitive Restructuring pada peserta didik kelas VII di Mts Negeri 1 Lampung Tengah. Kata kunci : Cognitive Restructuring, Konseling Kelompok dan Motivasi belajar iv ABSTRACT This study aims to determine the Effectiveness of Cognitive Restructuring Group Counseling Techniques in Increasing Learning Motivation of Class VII Students at MTs Negeri 1 Lampung Tengah. This study used a quantitative method with the type of research One Grub Pretest-Posttest the population in this study were 36 students with a total sample of 6 people. This study uses observational data collection techniques, interviews, questionnaires / questionnaires. Primary data was obtained directly from the respondents, that is, there were still those who did not understand or did not understand one of the subjects in the class, as evidenced by reports from the homeroom teacher, namely truancy when subjects were considered difficult and also felt pessimistic about their abilities so that the grades obtained were not achieve the minimum completeness criteria that have been determined, are less active, delay doing assignments, lazy to read books and lazy to listen to teacher explanations while secondary data are in the form of theories of motivation, function, characteristics, aspects and factors that influence it. The results showed that before attending group counseling services with the Cognitive Restructuring technique it was 77.5 and after participating in group counseling services with the Cognitive Restructuring technique it was 110. From the results of the Wilxocon test the value of Z obtained was -significant 0.027 where 0.027> 0.05 then Ho rejected Ha accepted, so can it was concluded that students' learning motivation increased after participating in group counseling services with the Cognitive Restructuring technique in class VII students at MTs Negeri 1 Lampung Tengah. Keywords: Cognitive Restructuring, Group Counseling and Learning Motivation
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 07:09 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 07:09 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22197 |
Actions (login required)
View Item |