LOYALITAS DAN KEPERCAYAAN NASABAH ASURANSI PADA PT. SUN LIFE FINANCIAL SYARIAH BANDAR LAMPUNG

MUHAMMAD, ROFI AKBAR (2022) LOYALITAS DAN KEPERCAYAAN NASABAH ASURANSI PADA PT. SUN LIFE FINANCIAL SYARIAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD ROFI AKBAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia dalam berasuransi masih tergolong sangat rendah. Dapat dikatakan demikian karena jika dilihat dari sudut pandang tingkat penetrasi industri untuk pasar nasional nasabah individual. Hal ini menyebabkan perkembangan industri asuransi di Indonesia, khususnya asuransi syariah belum begitu signifikan. Loyalitas dan kepercayaan nasabah sangat erat kaitannya dengan keberlangsungan suatu perusahaan, termasuk perusahaan pelayanan asuransi. Suatu penyedian jasa atau dalam hal ini pelayanan asuransi, harus melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan loyalitas dan kepercayaan nasabahnya. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu meningkatkan reputasi dan integritas agar loyalitas dan kepercayaan nasabah meningkat. Loyalitas dan kepercayaan nasabah merupakan dasar hubungan jangka panjang antara perusahaan dengan nasabah-nasabahnya, rasa loyal dan percaya nasabah muncul karena perusahaan mampu memberikan kinerja dan jasa yang sesuai dengan harapan nasabah. Dalam menciptakan kepuasan nasabah khususnya pada konsumen, PT. Sun Life Financial Syariah harus mampu meningkatkan nilai nasabah, nilai terbaik dapat membuat nasabah merasa puas. Seperti jaminan (assurance), dapat diberikan berupa keamanan, kenyamanan, kejujuran dan sebagainya. Dalam penelitian ini penulis mengunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun pokok masalah yang diajukan adalah Bagaimana loyalitas dan kepercayaan nasabah terhadap PT. Sun Life Financial Syariah Bandar Lampung. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana loyalitas dan kepercayaan nasabah terhadap PT. Sun Life Financial Syariah Bandar Lampung. Adapun metodelogi penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah direktur, pegawai dan nasabah PT. Sun Life Financial Syariah Bandar Lampung. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah berupa dokumen maupun arsip-arsip PT. Sun Life Financial Syariah Bandar iii Lampung. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. penelitian ini dianalisa menggunakan analisa kualitatif yang menghasilkan data berupa kata�kata tertulis atau lisan orang-orang dan prilaku yang diamati. Dari hasil temuan di lapangan penulis mengetahui bahwaPertama, Upaya-upaya yang dilakukan PT. Sun Life Financial Syariah Bandar Lampung untuk membangun kepercayaan nasabah yaitu dengan cara : (1) menampilkan diri sebagai lembaga yang transparan, (2) memberi pelayanan yang baik terhadap nasabah, (3) melayani nasabah dengan ramah dan sopan, (4) memberikan pelayanan yang cepat terhadap nasabah. Dari pelayanan yang diberikan dalam membangun kepercayaan nasabah, terbukti PT. Sun Life Financial Syariah Bandar Lampung mampu menumbuhkan loyalitas dan meningkatkan kepercayaan anggota sampai pada level premium. Artinya kualitas pelayanan yang diberikan cukup baik dan sudah memenuhi harapan para nasabah. Yang kedua, tingkat kepercayaan nasabah terhadap PT. Sun Life Financial Syariah Bandar Lampung diukur dengan dimensi (1) Integrity, (2) Competence, (3) Konsistency, (4) Loyality, (5) openness, (6) Benevolence. Dari data yang diperoleh melalui wawancara dengan pengurus dan hasil triangulasi dengan nasabah dapat dikatakan bahwa dalam membangun kepercayaan nasabah PT. Sun Life Financial Syariah Bandar Lampung sudah terpenuhi, dan tingkat kepercayaanya tinggi. Kata Kunci: Loyalitas, Kepercayaan, Asuransi iv ABSTRACT The level of awareness of the Indonesian people in insurance is still very low. It can be said so because when viewed from the point of view of the level of industry penetration for the national market of individual customers. This causes the development of the insurance industry in Indonesia, especially sharia insurance has not been so significant. Customer loyalty and trust are closely related to the sustainability of a company, including insurance service companies. A service provider or in this case insurance services, must make efforts to increase the loyalty and trust of its customers. Therefore, companies must be able to improve their reputation and integrity so that customer loyalty and trust increases. Customer loyalty and trust are the basis of long-term relationships between the company and its customers, a sense of customer loyalty and trust arises because the company is able to provide performance and services that meet customer expectations. In creating customer satisfaction, especially for consumers, PT. Sun Life Financial Syariah must be able to increase customer value, the best value can make customers feel satisfied. Such as assurance, can be given in the form of security, comfort, honesty and so on. In this study, the authors use field research methods (Field Research) and the nature of this research is descriptive qualitative. The main problem posed is how customer loyalty and trust in PT. Sun Life Financial Syariah Bandar Lampung. The goal to be achieved in this study is to find out how customer loyalty and trust in PT. Sun Life Financial Syariah Bandar Lampung. The methodology of this research is the primary data source and secondary data source. Primary data sources in this study are directors, employees and customers of PT. Sun Life Financial Syariah Bandar Lampung. Sources of secondary data in this study are in the form of documents and archives of PT. Sun Life Financial Syariah Bandar Lampung. Data collection methods that the author uses are interviews, observation, and documentation. This research is analyzed using qualitative analysis which produces v data in the form of written or spoken words of people and observed behavior. From the findings in the field, the writer knows that first, the efforts made by PT. Sun Life Financial Syariah Bandar Lampung to build customer trust, namely by: (1) presenting itself as a transparent institution, (2) providing good service to customers, (3) serving customers in a friendly and courteous manner, (4) providing excellent service. fast to customers. From the services provided in building customer trust, it is proven that PT. Sun Life Financial Syariah Bandar Lampung is able to grow loyalty and increase member trust to a premium level. This means that the quality of service provided is quite good and has met the expectations of customers. Second, the level of customer confidence in PT. Sun Life Financial Syariah Bandar Lampung is measured by the dimensions of (1) Integrity, (2) Competence, (3) Consistency, (4) Loyalty, (5) Openness, (6) Benevolence. From the data obtained through interviews with management and the results of triangulation with customers, it can be said that in building customer trust, PT. Sun Life Financial Syariah Bandar Lampung has been fulfilled, and the level of trust is high. Keywords: Loyalty, Trust, Insurance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2022 06:56
Last Modified: 19 Dec 2022 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22196

Actions (login required)

View Item View Item