TERAPI DZIKIR USTAD SAPRI TOHIR UNTUK MENGURANGI STRESS PADA 3 ISTRI YANG SUAMINYA MENJALANKAN HUKUMAN DI DESA BANDING AGUNG (Studi Kasus Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tanggamus)

Henji, Lestari (2022) TERAPI DZIKIR USTAD SAPRI TOHIR UNTUK MENGURANGI STRESS PADA 3 ISTRI YANG SUAMINYA MENJALANKAN HUKUMAN DI DESA BANDING AGUNG (Studi Kasus Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of HENJI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

a pengobatan yang ditunjukan untuk penyembuhan kondisi psikologis. Terapi juga dapat berarti upaya sistematis dan terencana dalam menanggulangi masalah�masalah yang dihadapi mursyadbih (klien) dengan tujuan mengembalikan, memelihara, menjaga, dan mengembangkan kondisi klien agar akal dan hatinya berada dalam kondisi dan posisi yang proposional. proses terapi dzikir, ustad akan mendampingi Istri dengan memberikan bacaan dzikir untuk mengurangi rasa stress pada diri Istri. Akan tetapi sebelum memberi bacaan dzikir, ustad akan mengubah pikiran irasioanal Istri menjadi rasional Rumusan Masalah dari penelitian ini ada dua yaitu:(1.)Bagaimana proses Terapi Dzikir untuk mengurangi stres istri di Desa Banding Agung yang suaminya menjalankan hukuman di lembaga pemasyarakan Tanggamus.(2)Bagaimana hasil pelaksanaan terapi dzikir untuk mengurangi stress istri di Desa Banding Agung yang suaminya menjalankan hukuman di lembaga pemasyarakan Tanggamus. Metode yang digunakan peneliti adalah pendekatan deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus yang di analisa menggunakan Analisi Kualitatif. Peneliti mencari data dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian analisis dilakukan untuk mengetahui proses Terapi Dzikir Dalam Mengurangi Stres Istri yang Suaminya sedang menjalankan hukuman di desa banding agung di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terapi dzikir pada para istri yang suaminya sedang menjalankan hukuman telah mampu mengurangi stress yang dialami istri. hal itu dikarenakan para istri telah memenuhi 5 langkah terapi dzikir yakni: Identifikasi kasus, pembimbing mengenal dan mencatat kasus beserta gejala- iv gejala yang nampak. Diagnosa, langkah ini untuk menetapkan masalah yang dihadapi kasus beserta latar belakangnya. Prognosa langkah ini menetapkan jenis bantuan atau terapi apa yang akan dilaksanakan untuk membimbing kasus. Terapi, langkah ini adalah pelaksanaan bantuan atau bimbingan setelah melakukan langkah prognosa. Evaluasi adalah menilai atau mengetahui sejauh manakah langkah terapi yang telahdilakukan dan telah mencapai hasilnya Kata Kunci :Terapi dzikir, Untuk Mengurangi Stres.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2022 06:37
Last Modified: 19 Dec 2022 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22192

Actions (login required)

View Item View Item