EVALUASI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BAHASA PADA ANAK TUNA GRAHITA DI SDLB DHARMA BHAKTI DHARMA PERTIWI KEMILING BANDAR LAMPUNG

REALITA, PUTRI SOLEHA (2022) EVALUASI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BAHASA PADA ANAK TUNA GRAHITA DI SDLB DHARMA BHAKTI DHARMA PERTIWI KEMILING BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of REALITA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Anak Tuna Grahita merupakan gangguan kromosom atau kelainan genetik yang menyebabkan perbedaan kemampuan berfikir serta memiliki ciri khusus terhadap anak yang mengalaminya. Pada tahap evaluasi pembelajaran ini dapat dilihat perkembangan bahasanya dari segi penilaian permasalahan terkait pembelajaran keterampilan bahasa pada anak tuna grahita serta mengetahui guru menggunakan teknik penilaian yang sesuai apa belum terkait teknik penilaian khusus anak tuna grahita tersebut . Tujuan penelitian ini dapat menggunakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran keterampilam bahasa pada anak tuna grahita di SDLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Kenmiling Bandar Lampung serta untuk mengetahui sejauh mana tingkat pencapaian keterampilan bahasa pada anak tuna grahita. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian yaitu guru kelas dan peserta didik di kelas 6 sebanyak 7 anak sedangkan objek dalam penelitian adalah evaluasi keterampilan bahasa pada anak tuna grahita di SDLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Kemiling Bandar Lampung. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi terlihat bahwa dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah melakukan evaluasi pembelajaran keterampilan dan penilaian yang berkaitan dengan bahasa akan tetapi guru kelas melakukan evaluasi penelitian 4 penilaian dari 6 penilaian khusus anak tuna grahita. Kata Kunci : Evaluasi Keterampilan bahasa, Anak Tuna Grahita iv ABSTRACT Children with mental retardation are chromosomal disorders or genetic disorders that cause differences in thinking abilities and have special characteristics for children who experience them. At the evaluation stage of this learning, it can be seen the development of the language in terms of assessing problems related to learning language skills in mentally retarded children and knowing whether teachers use appropriate assessment techniques or not related to special assessment techniques for mentally retarded children. The purpose of this study to use this research is to determine the implementation of the evaluation of language skills learning in mentally retarded children at SDLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Kenmiling Bandar Lampung and to determine the extent to which the level of achievement of language skills in mentally retarded children. The purpose of this study was to use descriptive qualitative research in that the research subjects were class teachers and students in grade 6 at SDLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Kemiling Bandar Lampung. Based on the results of interviews, observations and documentation, it can be seen that the results of the study indicate that teachers have evaluated learning skills and assessments related to language, but the classroom teacher has evaluated research 4 out of 6 special assessments for mentally retarded children. Keywords : Evaluation of language skills, mentally retarded children

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2022 06:20
Last Modified: 19 Dec 2022 06:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22186

Actions (login required)

View Item View Item