PENGARUH PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CLASSDOJO TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP AL AMIN ABUNG SURAKARTA

Dayu, Kinasih Puspitasari (2022) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CLASSDOJO TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP AL AMIN ABUNG SURAKARTA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Project Based Learning Berbantuan Media Classdojo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP Al Amin Abung Surakarta Oleh Dayu Kinasih Puspitasari Rendahnya kemampuan pemecahan masalah akan berdampak pada hasil belajar siswa . Rendahnya kemampuan pemecahan masalah disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya model yang digunakan dalam proses pembelajaran . Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMP Al Amin Abung Surakarta Lampung Utara menunjukkan model pembelajaran yang digunakan masih berupa model direct instruction sehingga siswa tidak bisa mengembangkan konsep dan pemikirannya sendiri.quasy eksperimen, penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara dua atau beberapa variabel pada suatu studi kelompok subjekBerdasarkan hasil analisis datayang didapatkan dari penelitian, pembelajaran berbasis proyek (PjBL) atau Project Based Learning yang dilakukan dalam penelitian ini dapat meningkatkan keterampilan memecahkan masalah siswa secara signifikan dapat dilihat dari hasil yang didapatkan. Siswa dapat menunjukkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui presentasi atau produk yang dihasilkan untuk publik secara nyata. Selain itu, project based learning juga dapat mengembangkan pengetahuan konstan yang mendalam serta keterampilan berpikir yang kritis, kolaborasi, kreativitas, dan komunikasi. peneliti menggunakan indikator kemampuan pemecahan masalah yang disesuaikan dalam RPP. Dengan menggunakan aplikasi ClassDojo adalah media pembelajaran interaktif antara guru dan siswa dimana guru fokus untuk memotivasi siswa dalam hal memberikan arahan dan pembelajaran dalam perilaku positif siswa yang bisa dibantu dan bisa melibatkan orang tua siswa dalam mendidik siswa. Kata Kunci : Project Based Learning, Classdojo, Kemampuan Pemecahan Masalah iii ABSTRACT The Effect of Project Based Learning Assisted by Classdojo Media on Problem Solving Ability in Environmental Pollution Materials for Class VII SMP Al Amin Abung Surakarta By Dayu Kinasih Puspitasari The low problem solving ability will have an impact on student learning outcomes. The low problem solving ability is caused by several things, one of which is the model used in the learning process. Based on the results of a preliminary study at Al Amin Abung Junior High School, Surakarta, North Lampung, it shows that the learning model used is still a direct instruction model so that students cannot develop their own concepts and thoughts. Quasy experiment, research that is intended to determine whether or not there is a relationship between two or more variables in a subject group study. Based on the results of data analysis obtained from research, project�based learning (PjBL) or Project Based Learning carried out in this study can significantly improve students' problem-solving skills as can be seen from the results obtained. Students can demonstrate their knowledge and abilities through presentations or products produced for the public in real terms. In addition, project based learning can also develop in-depth constant knowledge and critical thinking skills, collaboration, creativity, and communication. the researcher used the indicator of problem solving ability that was adjusted in the lesson plan. By using the ClassDojo application, it is an interactive learning medium between teachers and students where the teacher focuses on motivating students in terms of providing direction and learning in positive student behavior that can be assisted and can involve parents in educating students. Keywords: Project Based Learning, Classdojo, Problem Solving Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2022 05:00
Last Modified: 19 Dec 2022 05:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22185

Actions (login required)

View Item View Item