TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENGAMBILAN BAGIAN DALAM SISTEM NGGADO PADA KERJASAMA BAGI HASIL (Studi Kasus Pada Bagi Hasil Sapi di Desa Negara Ratu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara)

MARLENI, Tarni (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENGAMBILAN BAGIAN DALAM SISTEM NGGADO PADA KERJASAMA BAGI HASIL (Studi Kasus Pada Bagi Hasil Sapi di Desa Negara Ratu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi marleni (1821030292)-4.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kerjasama bagi hasil nggado adalah salah satu bentuk kerjasama yang menguntungkan antara satu pihak dengan pihak yang lain. Pada akad ini pihak yang kekurangan modal akan terbantu oleh pemilik modal dan begitu juga sebaliknya pemilik modal juga akan diuntungkan, karena modal yang diberikan akan berkembang dan keuntungannya dibagi dua, disinilah orang yang tidak mempunyai modal akan terbantu dalam berusaha, dia bisa bekerja dalam satu lapangan ekonomi dan terhindar dari pengangguran. Berdasarkan latar belakang terdapat beberapa rumusan masalah diantarannya adalah bagaimana praktik pengambilan bagian dalam sistem nggado pada kerjasama bagi hasil di Desa Negara Ratu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara, dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang praktik pengambilan bagian dalam sistem nggado pada kerjasama bagi hasil di Desa Negara Ratu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara Penelitian ini termasuk metode kualitatif. Adapun sumber data diperoleh melalui metode wawancara (interview) dan dokumentasi yang berupa Buku-buku sebagai penunjang skripsi ini. Data yang terkumpulkan dianalisis menggunakan metode analisi deskriftif yaitu menganalisi data yang dilakukan dengan jalan mendiskripsikan data dengan penalaran data yang logis dengan mencerminkan kondisi objek penelitian. Hasil penelitian menghasilkan dua kesimpulan, pertama, praktik pengambilan bagian dalam sistem nggado di Desa Negara Ratu yang mana mudlarib mengambil bagian akad bagi hasil lebih awal ini ditakutkan nantinya akan mengakibatkan salah satu pihak yang dirugikan karena tidak ada kepastian apakah akan untung atau rugi jika sapi dijual, maka dari itu peneliti tidak mendukung yang telah dilakukan oleh mudlarib. Kedua, secara Hukum Islam, praktik pengambilan bagian dalam sistem nggado di Desa Negara Ratu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara tidak dengan jelas melarang atau membolehkannya melainkan harus ada pertimbangan-pertimbangan khusus untuk dijadikan sebagai alasan boleh dan tidaknya melakukan tindakan hukum, karena disitu menyangkut beberapa orang yang akibatnya juga bisa dirasakan bersama

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2022 04:57
Last Modified: 19 Dec 2022 04:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22184

Actions (login required)

View Item View Item