PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN DAN AKHLAK ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI DI DESA TANJUNG WANGI KECAMATAN WAWAY KARYA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

NUR, HAKIM (2022) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN DAN AKHLAK ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI DI DESA TANJUNG WANGI KECAMATAN WAWAY KARYA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL  NUR HAKIM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Bimbingan dan konseling adalah merupakan proses bantuan atau pertolongan yang diberikan oleh pembimbing (konselor) kepada individu (konseli) atau hubungan timbal balik antara keduanya agar konseli memiliki kemampuan atau kecakapan melihat dan menemukan masalahnya serta mampu memecahkan masalahnya sendiri. Bimbingan dan konseling juga membantu siswa untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri mereka secara optimal, sehingga siswa mempunyai kepribadian yang terpuji. Pada bidang pendidikan tugas pembentukan kepribadian dibebankan pada guru terutama guru Bimbingan Konseling karena memiliki fungsi pendampingan dan konseling pada siswa. Problem kepribadian dan akhlak Ini terjadi pada beberapa siswa di Sekolah Dasar Negeri Desa Tanjung Wangi, Kecamatan Waway Karya, Kabupaten Lampung Timur. Problem ini pada akhirnya menjadi dasar peneliti melakukan penelitian untuk menganalisis peran guru Bimbingan Konseling dalam membangun kepribadian dan akhlak siswa kelas VI di Sekolah Dasar Negeri Desa Tanjung Wangi, Kecamatan Waway Karya, Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu berasal dari 208 partisipan, sebagai populasi dan direduksi melalui teknik simple random sampling menjadi 12 partisipan terdiri dari 10 siswa, seorang guru Bimbingan Konseling dan Kepala Sekolah. Hasil penelitian ini adalah diketahuinya beberapa temuan yaitu kepribadian dan akhlak siswa secara umum telah baik namun ada beberapa siswa yang perlu diperatikan lagi. Mengenai Peran yang dilakukan yaitu melalui pembinaan atau pendampingan guru Bimbingan Konseling kepada siswa, pembinaan guru Bimbingan Konseling dengan cara mengenali diri siswa seperti potensi dan sisi kelebihan siswa, pembinaan guru Bimbingan Konseling dengan cara membantu siswa menentukan cita-cita dan tujuannya, melakukan perbantuan untuk menyelesaikan masalah yang mengganggu proses belajar, menjadi mitra wali murid dalam hal pembentukan kepribadian secara biologis, menjadi pengawas, pengarah, dan penasihat dalam interaksi sosial dan membangun kebudayaan agar kepribadian siswa terbangun dengan baik. Kata Kunci : Kepribadian, Akhlak, Peran, Guru Bimbingan Konseling iii ABSTRACT Guidance and counseling is a proces of assistance or assistance by a counselor to an individual (counselee) or a reciprocal relationship between the two so that the counselee has the abilty or skill to see and find problems and be able to solve problems on their own. Guidance and counseling also helps students to develop their potential optimally, so that students have commeddable personalities. In the field of education, the task of personality formation is borne by teachers, especially Bimbingan Konseling teachers because they have the function of mentoring and counseling students. This personality and moral problem happened to several students at the Tanjung Wangi Village State Elementary School, Waway Karya District, East Lampung Regency. This problem eventually became the basis for researchers to conduct research to analyze the role of Bimbingan Konseling teachers in building the personality and morals of grade VI students at the Tanjung Wangi Village State Elementary School, Waway Karya District, East Lampung Regency. This research uses descriptive qualitative method, data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. The data sources in this study were from 208 participants, as a population and reduced through simple random sampling technique to 12 participants consisting of 10 students, a Bimbingan Konseling teacher and the principal. The result of this research is that several findings are known, namely the personality and morals of students in general have been good but there are some students who need to be monitored again. Regarding the role carried out, namely through coaching or mentoring Bimbingan Konseling teachers to students, coaching Bimbingan Konseling teachers by recognizing students such as the potential and strengths of students, coaching Bimbingan Konseling teachers by helping students determine their goals and objectives, providing assistance to solve disturbing problems. the learning process, being a partner of the student's guardian in terms of biological personality formation, being a supervisor, director, and advisor in social interaction and building culture so that the student's personality is well developed. Keywords: Personality, Morals, Role, Counseling Teacher

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2022 04:39
Last Modified: 19 Dec 2022 04:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22180

Actions (login required)

View Item View Item