RESPON PERTUMBUHAN TANAMAN SELADA MERAH (Lactuca sativa var. lollo rosa) DENGAN PEMBERIAN URIN SAPI DAN URIN KELINCI YANG TERFERMENTASI

DANI, Sugito (2022) RESPON PERTUMBUHAN TANAMAN SELADA MERAH (Lactuca sativa var. lollo rosa) DENGAN PEMBERIAN URIN SAPI DAN URIN KELINCI YANG TERFERMENTASI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of DANI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Selada dapat dikonsumsi sebagai salah satu pilihan terbaik untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian. Untuk menghasilkan tanaman sayur yang berkualitas, khususnya selada merah diperlukan asupan nutrisi yang tepat. Salah satu cara alternatife dalam mengurangi penggunaan pupuk kimia yang berlbihan untuk itu peneliti memaksimalkan pemakaian pupuk organik cair. Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui pertumbuhan jumLah daun, tinggi tanaman, luas daun, dan berat basah tanaman selada merah, dengan pemberian urin sapi, urin kelinci, kombinasi urin sapi dan urin kelinci yang difermentasi terlebih dahulu. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk melihat dosis yang paling efektif antara masing-masing pemberin urin yang difermentasi. Penelitian ini menggunakan RAKL rancangan acak kelompok lengkap yang teridiri dari 9 perlakuan dan 5 kali pengulangan. Penelitian ini menganalisis 4 parameter pengamatan yaitu pengamatan terhadap parameter tinggi tanaman, luas daun, jumLah daun dan berat basah tanaman. Data hasil pengamatan dianalisis statistik dengan uji Manova dengan formula Kolmogorov-smirnov denga taraf signifikansi 0,5%. Hail penelitian menunjukkan fermentasi urin sapi berpengaruh terhadap tinggi tanaman, luas daun, berat basah tanaman, namun tidak berpengaruh terhadap helai daun tanaman selada merah. Fermentasi urin kelinci berpengaruh terhadap tinggi tanaman, luas daun, berat basah tanaman, namun tidak berpengaruh terhadap helai daun tanaman selada merah. Fermentasi urin kelinci dan fermentasi urin sapi secara bersamaan berpengaruh terhadap tinggi tanaman, luas daun, berat basah tanaman, namun tidak berpengaruh terhadap helai daun tanaman selada merah. JumLah larutan urin sapi terfermentasi yang efektif untuk pertumbuhan selada merah adalah dosis 40mL fermentasi urin sapi + 30mL air. JumLah larutan urin kelinci terfermentasi yang efektif untuk pertumbuhan selada merah adalah dosis 40mL fermentasi urin kelinci + 30mL air. JumLah kombinasi larutan kelinci dan sapi terfermentasi yang efektif untuk pertumbuhan selada merah adalah dosis 20mL fermentasi urin sapi + 20 mL fermentasi urin kelinci + 30mL air. Kata Kunci : Fermentasi, Pupuk Organik Cair, Selada Merah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2022 04:00
Last Modified: 19 Dec 2022 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22173

Actions (login required)

View Item View Item