ANALISIS STRATEGI DAN INOVASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada UKM Mus Tempe Desa Banjar Agung Udik Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus)

Abib, Novriyanto (2022) ANALISIS STRATEGI DAN INOVASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada UKM Mus Tempe Desa Banjar Agung Udik Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi full abib.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kewirausahaan merupakan salah satu kekuatan pendorong terdepan dalam pembangunan ekonomi. Tingkat pengangguran dan penyerapan lapangan pekerjaan yang rendah menyebabkan tingkat pendapatan yang rendah. Di sinilah peran pengusaha dalam pengembangan masyarakat sangat bermanfaat tidak hanya untuk pekerjaan tetapi juga peningkatan pendapatan di Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana Analisis strategi dan inovasi kewirausahaan terhadap peningkatan pendapatan karyawan dan pemilik UKM mus tempe dan bagaimana analisis strategi dan inovasi kewirausahaan terhadap peningkatan pendapatan karyawan dan pemilik UKM mus tempe dalam perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dan sifat penelitian ini yaitu deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan alat pengumpulan data sebagai berikut : interview, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian strategi yang digunakan UKM mus tempe dalam strategi produksi meliputi perencanaan, modal, analisis lingkungan, tujuan peusahaan, penerapan, evaluasi dan pengendali strategi sehingga menghasilkan produk tempe yang bersih, higienis dan diberi label merek pada kemasan. Kemudian strategi pemasaran yang dilakukan secara konvensional dan menggunakan whatsapp. Inovasi yang dikembangkan yaitu produk bakso tempe dengan variasi rasa. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan karyawan dan pemilik usaha. Pendapatan UKM mus tempe sebulan setelah adanya produk inovasi bakso tempe dan menggunakan whatsapp sebesar Rp.76.800.000. Sebelum adanya produk inovasi bakso tempe dan menggunakan whatsapp UKM mus tempe memperoleh pendapatan rata-rata sebesar Rp.30.000.000. Sedangkan dalam perspektif ekonomi Islam UKM mus tempe tersebut pemilik menggunakan prinsip-prinsip ekonomi Islam dengan menghindari gharar, riba dan maisir. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan terhadap pemilik dan karyawan. Kata Kunci: Strategi Kewirausahaan, Inovasi Kewirausahaan, Pendapatan, Ekonomi Islam. ABSTRACT Entrepreneurship is one of the leading driving forces in economic development. Unemployment rate and low absorption of employment causes low income levels. This is where the role of entrepreneurs in community development is very beneficial not only for employment but also for increasing income in Indonesia. The formulation of the problem in this study is how to analyze entrepreneurial strategies and innovations to increase the income of employees and owners of mus tempe and how to analyze entrepreneurial strategies and innovations to increase the income of employees and owners of mus tempe in an Islamic economic perspective. This research method uses field research, and the nature of this research is descriptive. The method used in this research is qualitative, with the following data collection tools: interviews, observation, and documentation. Based on the results of the strategy research used by Mus Tempe in the production strategy including planning, capital, environmental analysis, company objectives, implementation, evaluation and control of strategies so as to produce clean, hygienic tempeh products and brand labeled on the packaging. Then the marketing strategy is carried out conventionally and uses WhatsApp. The innovation developed is tempeh meatball products with a variety of flavors. So that it can increase the income of employees and business owners. The income of Mus Tempe UKM a month after the existence of the tempe meatball innovation product and using WhatsApp was IDR 76,800,000. Prior to the existence of the tempe meatball innovation product and using whatsapp, mus tempe UKM earned an average income of IDR 30,000,000. Meanwhile, in the perspective of the Islamic economics of UKM Mus Tempe, the owner uses the principles of Islamic economics by avoiding gharar, usury and maisir. So that it can increase income for owners and employees. Keywords: Entrepreneurship Strategy, Entrepreneurial Innovation, Income, Islamic Economics.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2022 03:46
Last Modified: 19 Dec 2022 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22170

Actions (login required)

View Item View Item