IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENATAAN RUANG KOTA BERBASIS LINGKUNGAN PERSPEKTIF SIY ̅SAH DUST ̅RIYAH (Studi di Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung)

INTANIA, Kaizar Sa‟ari (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENATAAN RUANG KOTA BERBASIS LINGKUNGAN PERSPEKTIF SIY ̅SAH DUST ̅RIYAH (Studi di Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of INTANIA full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi penataan ruang merupakan suatu tahapan dari proses pengembangan wilayah yang terdiri dari perencanaan, pemanfaatan ruang guna mewujudkan ruang wilayah nasional yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan. Dengan bertambahnya penduduk setiap tahunnya tentu akan berdampak pada pembangunan dan lingkungan, seperti kepadatan bangunan dengan tata letak yang tidak teratur, kurangnya ruang terbuka hijau sebagai daerah resapan hujan, banyak penyakit yang timbul karena lingkungan yang tidak bersih dan masih banyak lagi dampak negatif lainnya. Untuk mengatur dan menyelenggarakan peruntukan, persediaan, penggunaan lahan serta pemeliharaannya yang sesuai dengan rencana tata ruang wilayah, pemerintah kota Bandar Lampung membentuk Perda No. 10 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Tahun 2011-2030 yang dijadikan pedoman penataan ruang kota. Penataan ruang berbasis lingkungan yang dirasakan langsung oleh masyarakat merupakan kebijakan yang penting dalam rangka mewujudkan tata ruang kota yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana implementasi kebijakan pemerintah dalam penataan ruang berbasis lingkungan di Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung? (2) Bagaimana perspektif siy ̅sah dust ̅ riyah tentang implementasi kebijakan pemerintah dalam penataan ruang berbasis lingkungan di Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan pemerintah dalam penataan ruang kota berbasis lingkungan di Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung serta mengetahui pula dari perspektif ilmu siy ̅ sah dust ̅ riyah terkait dengan imlementasi kebijakan pemerintah dalam penataan ruang kota berbasis lingkungan di Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun hasil penelitian ini adalah implementasi program pemerintah dalam mengatasi daerah kumuh di Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung yaitu program kotaku (kota tanpa kumuh) sudah berjalan dengan baik dan masyarakat sudah dapat merasakan langsung manfaat program tersebut. Faktor penghambat dalam merealisasikan program kotaku (kota tanpa kumuh) yaitu keterbatasan anggaran sehingga tidak dapat menjangkau semua wilayah Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung dan minimnya kesadaran masyarakat untuk merawat fasilitas yang telah dibangun oleh pemerintah sehinnga tidak dapat lagi dimanfaatkan secara maksimal. Pada Implementasi Perda Kota Bandar Lampung No. 10 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah pasal 48 ayat 2 belum berjalan dengan baik sebagaimana mestinya, seperti masih banyak para pelaku usaha dan pemilik toko yang tidak memiliki RTH (Ruang Terbuka Hijau) privat di pekarangan, halaman pertokoan, halaman tempat usaha, dan taman atap bangunan. Pemerintah seharusnya memberikan sanksi tegas kepada para pelanggar peraturan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2022 03:38
Last Modified: 19 Dec 2022 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22168

Actions (login required)

View Item View Item