KAJIAN MAQASHID SYARIAH PADA TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM (Studi pada Pengguna Aplikasi Shopee)

SITI, HALIMAH (2022) KAJIAN MAQASHID SYARIAH PADA TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM (Studi pada Pengguna Aplikasi Shopee). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL SITI HALIMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Shopee merupakan salah satu perusahaan bisnis online (e�commerce). Marketplace berbasis mobile ini secara resmi masuk ke Indonesia pada tahun 2015 di banding pesaingnya lebih dahulu beroperasi. Pada 2018, Shopee telah meraih 1,5 juta transaksi dalam waktu 24 jam hal ini merupakan rekor fantastis bagi marketplace e�commerce terbaru di Indonesia. Semakin banyaknya jumlah pengguna dan pelanggan Shopee saat ini, tidak menutup kemungkinan masih dapat terjadi suatu masalah seperti pelanggan meresa kecewa dengan pelayanan yang telah diberikan, pembeli yang terkena tipu. Dan adanya beberapa pengguna/pembeli yang menerima barang tidak sesuai dengan apa yang dipesan atau barang mengalami kerusakan. Barang tidak sampai ke alamat tujuan. Bahkan pengembalian uang yang tidak di proses oleh seller. Jika hal tersebut dibiarkan akan berdampak negatif pada keberlangsungan bisnis Shopee. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer, melalui hasil penyebaran kuesioner kepada 100 responden.Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik kemudian diuji dengan uji hipotesis yaitu uji regresi linear sederhana. Hasil uji hipotesis menggunakan Teknik analisis regresi linear sederhana, diperoleh bahwa variabel maqashid syariah memiliki hasil nilai t hitung 6.669 lebih besar dari t tabel 1,98447 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,1. Tingkat signifikansi < 0,1 maka hal ini menunjukan bahwa Ha diterima, artinya bahwa penjualan online (shopee) berdasarkan maqashid syariah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.hasil penelitian menunjukan bahwa responden cendrung mengedepankan maqashid syariah dalam pembeliannya. Karena dalam aktivitas jual beli menurut syariat menjadi penting bagi masyarakat yang mayoritas muslim. KATA KUNCI:Maqashid Syariah, Penjualan Online, Keputusan Pembelian ABSTRACT Shopee is one of the youngest online business (e-commerce). This mobile-based marketplace officially entered Indonesia in 2015 compared to its competitors operating first. In 2018, Shopee has achieved 1.5 million transactions within 24 hours, this is a fantastic record for the newest e-commerce marketplace in Indonesia. The increasing number of Shopee users and customers at this time, it is possible that problems can still occur, such as customers feeling disappointed with the services that have been provided, buyers who have been tricked. And there are some users/buyers who receive goods that are not in accordance with what was ordered or the goods are damaged. The goods did not arrive at the destination address. Even refunds are not processed by the seller. If this is allowed, it will have a negative impact on the sustainability of Shopee's business. The method used in this research is quantitative method. Sources of data used are primary data, through the results of distributing questionnaires to 100 respondents. The collected data were analyzed using the classical assumption test and then tested by hypothesis testing, namely a simple linear regression test. The results of hypothesis testing using simple linear regression analysis technique, it was found that the maqashid sharia variable had a t-count value of 6.669 greater than t-table 1.98447 with a significance value of 0.000 <0.1. The level of significance <0.1 means that Ha is accepted, meaning that online sales (shopee) based on Islamic maqashid have a positive and significant influence on purchasing decisions. The results of the study show that respondents tend to prioritize maqashid sharia in their purchases. Because in buying and selling activities according to the Shari'a, it is important for people who are predominantly Muslim. KEYWORDS: Maqashid Syariah, Online Sales, Purchase Decision

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2022 03:29
Last Modified: 19 Dec 2022 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22167

Actions (login required)

View Item View Item