PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2015-2020

Dwi, Mutiara Sari (2022) PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2015-2020. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I  II  V_Perpustakaan Pusat_compressed.pdf] PDF
Download (579kB)
[thumbnail of Skripsi Dwi Mutiara Sari_compressed.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tolak ukur kemajuan negara salah satunya adalah perbankan yang memiliki pengaruh terhadap kegiatan perekonomian. Di Indonesia saat ini organisasi bisnis islam yang berkembang salah satunya adalah bank syariah. Pada perbankan syariah, bank berperan sebagai manajer investasi dari pemilik dana atas investasi yang disimpan di bank. Hubungan antara bank syariah dengan nasabah dalam praktek perbankan syariah bersifat kemitraan. Penerapan Good Corporate Governance (GCG) merupakan suatu cara untuk mengendalikan perusahaan secara profesional dan transparan untuk mencapai tujuan bersama antara pemegang saham dan pengelola. Oleh karena itu, diharapkan Bank Umum Syariah dapat memberikan kualitas yang baik dan konsisten dalam menerapkan mekanisme GCG. Kemudian dengan memperhatikan ukuran Financing to Deposit Ratio (FDR) suatu perbankan dalam tingkat yang baik juga merupakan suatu tindakan peningkatan profitabilitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance yang diprosikan dengan Dewan Direksi Dan Komite Audit, Financing to Deposit Ratio terhadap Profitabilitas dengan Corporate Social Responsibility sebagai variabel moderasi yang diukur dengan Index Islamic Social Reporting pada Bank Umum Syariah Periode 2015- 2021. Jumlah sampel penelitian ini 10 Bank Umum Syariah menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan. Metode analisis yang digunakan adalah uji Moderate Regression Analysis (MRA). Pengolahan data penelitian ini menggunakan E-Views 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dewan Direksi, Komite Audit tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. FDR berpengaruh negatif terhadap profitabilitas. Berdasarkan uji Moderate Regression Analysis (MRA) menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility tidak mampu memoderasi pengaruh Dewan Direksi dan Komite Audit terhadap profitabilitas, namun Corporate Social Responsibility mampu memoderasi pengaruh FDR terhadap profitabilitas. Kata Kunci : GCG, Dewan Direksi, Komite Audit, FDR, CSR, Profitabilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2022 03:24
Last Modified: 19 Dec 2022 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22164

Actions (login required)

View Item View Item