ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 KALIANDA

Miftachul, Fadhila (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 KALIANDA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi Miftachul Fadhila.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik Kelas V SD Negeri 2 Kalianda. Ditunjukkan dengan adanya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas V. Indikator pemahaman konsep matematika ada tiga, 1. Pemahaman translasi, 2. Pemahaman intrapolasi, 3. Pemahaman ekstrapolasi. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneliitan deskriptif kualitatif dan pengambilan sampel menggunakan purpusive sampling dimana peneliti memilih peserta didik sebagai perwakilan untuk diwawancara sesuai dengan kategori. Kemudian dianalisis dan dikuatkan dengan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam memahami konsep matematika berbeda setiap kategori. 1. Subjek dengan kategori tinggi mampu memahami setiap tingkatan indikator pemahaman konsep matematika, 2. Subjek dengan kategori sedang belum mampu memahami semua tingkatan indikator pemahaman konsep matematika, 3. Subjek dengan kategori rendah hanya mampu memahami pada tingkat terendah pemahaman konsep matematika. Kata kunci:Penelitian Deskriptif Kualitatif, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2022 03:15
Last Modified: 19 Dec 2022 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22162

Actions (login required)

View Item View Item