ANALISIS KRITIS EPISTEMOLOGI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ABAD 21: TELAAH PEDAGOGY, CYBERGOGY, HEUTAGOGY

Zahyana, Putri (2022) ANALISIS KRITIS EPISTEMOLOGI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ABAD 21: TELAAH PEDAGOGY, CYBERGOGY, HEUTAGOGY. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB 1,BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of ZAHYANA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Epistemologi merupakan filsafat ilmu yang secara khusus membahas persoalan-persoalan mendasar tentang segala sesuatu yang menyangkut metode yang digunakan oleh sains. Konsep tersebut memiliki paradigma yang melahirkan sebuah gagasan dalam proses pemikirannya. Keterampilan-keterampilan di abad 21 ini masih relevan dnegan empat pilar kehidupan, yaitu learning to know, learning to do, learning to be,dan learning to live together. Dari empat prinsip tersebut mengandung keterampilan khusus yang diberdayakan dalam kegiatan belajar, seperti berkolaborasi, inovasi dan kerasi, berpikir kritis, pemecahan masalah, dan keterampilan lainnya. Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang mempersiapkan generasi abad 21 dimana kemajuan teknologi berkembang begitu cepat serta memiliki pengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan. Pedagogy menurut bahasa yunani bermakna seorang budak (pengawas rumah tangga) yang mengawasi pengajaran putra tuannya atau majikannya, ketika itu anak perempuan tidak diberi pengajaran khusus, pembantu rumah tangga ini mengantar, menunggu dan menemani pulang putra tuannya ke pada saat dan dari sekolah atau gymnasium. Pengertian cybergogy secara umum, yaitu belajar virtual pembelajaran lingkungan untuk kemajuan kognitif, emosional dan sosial siswa. Selain itu, cybergogy juga dapat diterapkan dalam penggunaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang bisa menciptakan proses belajar mengajar dalam bentuk inovasi baru yang berdasarkan konsep dalam pedagogy pendidikan. Sedangkan Heutagogy merupakan kerangka belajar dan mengajar yang relative baru. Pada iv dasarnya pendekatan heutagogy menjadikan pendidik hanya berperan sebagai fasilitator atau pengontrol jalannya pembelajaran. Kata kunci: Cybergogy, heutagogy, pedagogy, Pembelajaran Abad 21

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Dec 2022 08:09
Last Modified: 16 Dec 2022 08:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22159

Actions (login required)

View Item View Item