TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK JUAL BELI GABAH BASAH DI LAHAN PERTANIAN (Studi di Desa Setia Marga Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah)

ESTINA, ADITYA PUTRI (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK JUAL BELI GABAH BASAH DI LAHAN PERTANIAN (Studi di Desa Setia Marga Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ESTINA ADITYA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam kehidupan seseorang pasti membutuhkan sarana dan prasarana kehidupan berupa sandang,pangan, dan papan. Untuk memenuhi kebutuhan hidup dimaksud, setiap orang pasti melaukan suatu transaksi (akad) yang disebut dengan muamalah jual beli. Jual beli merupakan transaksi yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yakni tukar menukar harta dengan harta berupa barang dengan uang yang dilakukan sama suka dengan akad tertentu dengan tujuan untuk memiliki barang tersebut. Praktik jual beli gabah basah yang dilakukan masyarakat di Desa Setia Marga Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah sudah berlangsung bertahun tahun lamanya petani biasanya menjual hasil panen yaitu gabah basah kepada pengepul. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli gabah basah di Desa Setia Marga Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli gabah Basah di Desa Setia Marga Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli gabah basah di Desa Setia Marga Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli gabah Basah di Desa Setia Marga Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis dengan pendekatan menggunakan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Data dan sumber data menggunakan data primer yaitu diperoleh langsung dari responden atau objek yang diteliti dan sumber data skunder yaitu diperoleh dari buku-buku. Kemudian menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Kemudian metode pengeolahan data menggunakan pemeriksaan data (editing) dan sistematisasi data. Metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif analisis kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif. iii Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa praktik jual beli gabah basah di Desa Setia Marga Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah menimbulkan permasalahan pada objeknya karena dalam jual beli tersebut pembeli hanya mengetahui mutu gabah dengan cara membuka salah satu karung gabah tersebut dan tidak mengetahui isi keseluruhan gabah yang ada dalam karung tersebut. Menurut tinjauan hukum Islam tentang praktik jual beli gabah basah di Desa Setia Marga Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah tentunya menimbulkan permasalahan pada objeknya (ma’qud alaih) karna mengandung unsur gharar (ketidakjelasan) gharar yang terjadi pada objek akad adalah gharar yang diharamkan dalam Syariat Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Dec 2022 07:19
Last Modified: 16 Dec 2022 07:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22156

Actions (login required)

View Item View Item