PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR URUSAN AGAMA MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN

MIFTHA, RAMADHANI (2022) PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR URUSAN AGAMA MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MIFTHA RAMADHANI (1841030403).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR URUSAN AGAMA MERBAU MATARAM OLEH MIFTHA RAMADHANI Kantor Urusan Agama adalah intsansi terkecil Kementerian Agama yang ada di tingkat Kecamatan. KUA bertugas membantu melaksanakan sebagian tugas Kantor Kementerian Agama Kecamatan di bidang urusan agama islam di wilayah Kecamatan. Tugas KUA melayani masyarakat dengan system pelayanan yang baik sehingga dapat melayani masyarakat, jenis penelitian ini adalah lapangan (field research) dilakukan di KUA Merbau Mataram, kemudian metode yang di ambil menggunakan metode, metode interview(wawancara), observasi dan dokumentasi. Selain itu juga penulis menggunakan literature-literature pelayanan public. Kemudian sifat penelitian ini adalah deskriptif, analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun hasil penelitian skripsi ini dengan system pelayanan yang ada di kantor urusan agama diantaranya: Pelayanan Kursus Calon Pengantin (SUSCATIN) Dan Pelayanan Wakaf. Kursus Calon Pengantin (SUSCATIN) adalah pemberian bekal pengetahuan, pemahaman dan keterampilan, dalam waktu singkat kepada catin tentang kehidupan berumah tangga atau keluarga. Sedangkan calon pengantin adalah laki-laki muslim dan perempuan muslimah yang akan meenjalani kehidupan rumah tangga dalam suatu ikatan pernikahan. Pengertian wakaf tersendiri adalah menahan suatu benda yang menurut hukum, tetap di wakif dalam rangka mempergunakan manfaatnya untuk kebajikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah KUA Merbau Mataram kurangnya fasilitas SDM sehingga kurangnya alat untuk membantu para pegawai dalam menyelesaikan tugasnya, dan tetapi seharusnya tidak melibatkan satu pegawai dan saling bergantian atau saling membantu. Kata Kunci: Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:36
Last Modified: 16 Dec 2022 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22148

Actions (login required)

View Item View Item